Log in

Jalan Berlumpur, Puluhan Desa di Asahan Lumpuh

Demo LUMPUR-Kondisi insfrastruktur jalan yang berlumpur membuat warga di Kecamatan Bandar Pulau Asahan, menggelar aksi demo damai terkait jalan rusak tersebut. (andalas/hamdan rangkuti) Demo LUMPUR-Kondisi insfrastruktur jalan yang berlumpur membuat warga di Kecamatan Bandar Pulau Asahan, menggelar aksi demo damai terkait jalan rusak tersebut. (andalas/hamdan rangkuti)

Asahan-andalas Kecamatan Bandar Pulau merupakan satu dari 25 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Asahan. Akibat tingginya intensitas curah hujan pada awal November 2017 ini, 10 desa yang berada di salah satu kecamatan penghasil sawit tersebut pun nyaris lumpuh.

Pantauan serta informasi dihimpun andalas dari Kecamatan Bandar Pulau, Senin (13/11), 10 desa yang nyaris lumpuh tersebut diakibatkan infrastruktur jalan dari Simpang Membot menuju Kantor Camat Bandar Pulau. Begitu juga sebaliknya infrastruktur jalan yang dipenuhi tanah merah tersebut seperti terlihat lahan pertanian yang baru dibajak.

“Bagaimana kami bisa melalui jalan utama menuju Simpang Membot menuju ke kantor Camat Bandar Pulau dan begitu sebaliknya licin, dengan kondisi jalan yang dipenuhi lumpur,” ungkap warga setempat bermarga Marpaung.

Ke-10 desa dimaksud, kata Marpaung, di antaranya meliputi Desa Padang Pulau, Penjaringan, Desa Melati, Desa Gajah Sakti, Desa Buntu Maraja, Desa Gunung Berkat, Aek Tarum, Desa Aek Nagali, Desa Gonting Malaha, serta Desa Huta Rao.

Tri Harja, Camat Bandar Pulau ketika dikonfirmasi via handphone pada Senin sore mengungkapkan, akibat curah hujan yang turun ada di beberapa titik jalan yang tidak bisa dilalui dengan beban berat. "Untuk melalui jalan-jalan yang tidak bisa dilalui tersebut masyarakat yang menggunakan sepeda motor maupun truk harus antre,”kata Tri Harja. Pihaknya juga sudah melaporkan perihal kondisi jalan di kecamatannya kepada Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang.

Ketika disinggung apa langkah perbaikan yang dilakukan saat ini, Tri Harja menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan alat berat serta padas dan kerikil untuk meratakan badan jalan yang licin serta berlobang. Namun, sekali lagi ketika disinggung tentang warga yang akan melakukan aksi damai terkait parahnya infrastruktur jalan di desa tersebut. Dia dengan tegas menyatakan hal itu tidak benar."Namun, dari informasi warga bermarga Marpaung, Senin sore ini pihaknya melakukan aksi demo di dekat Titi Sempit, Aek Tarum,"katanya. (FAS)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px