Log in

Imran Sinulingga Soroti Kinerja OPD Pemkab Karo


Berastagi,Sumatera Utara-andalas Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) se-jajaran Pemerintah Kabupaten Karo diminta memantapkan berbagai kebijakan dan strategi pembangunan dengan inovasi betul-betul konkret, realistis dan terukur di lapangan. Saat ini, masyarakat Kabupaten Karo dihadapkan dengan kondisi perekonomian yang tengah lesu.

Rendahnya daya serap anggaran Pemkab Karo yang justru diharapkan menjadi stimulus perekonomian masyarakat, karena serapan anggaran sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah. Apabila daya serap anggaran rendah, maka dapat dipastikan pertumbuhana ekonomi masyarakat juga rendah.

Hal itu dikemukakan praktisi pembangunan Imran Sinulingga SH, Kamis (20/9) di Berastagi kepada sejumlah wartawan, menyikapi kondisi perekonomian dan pembangunan Kabupaten Karo.

Dikatakannya, anggaran pemerintah digunakan untuk pembangunan, lalu dalam setiap pekerjaan pembangunan diperlukan barang dan jasa dari masyarakat. Kalau banyak proyek pemerintah belum terlaksana, otomatis barang dan jasa itu belum dibutuhkan."Jadi, hal ini sangat berhubungan dengan ekonomi masyarakat,"kata Imran Sinulingga, pengacara di Jakarta dan Sekjen Keluarga Besar Muslim Karo Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Karo dihadapkan pada persoalan cukup pelik, menyangkut keterbatasan anggaran untuk mendanai berbagai proyek pembangunan di Kabupaten Karo. Tentu, hal ini disebabkan karena adanya pengurangan dana transfer daerah dari Pemerintah Pusat, di samping itu ditengarai akibat sebagian pengelolaan PAD diambilalih Pemprovsu.

"Untuk menyikapi kondisi tersebut, Pemkab Karo dituntut untuk memiliki langkah konkret dan strategi terbaik misalnya memaksimalkan potensi PAD serta menyinergikan berbagai implementasi program CSR. Diharapkan perekonomian masyarakat akan bangkit melalui berbagai sektor, dengan ekonomi kreatif sebagai lokomotifnya,"ujar Imran.

Menurutnya, untuk menggenjot percepatan penyerapan anggaran diperlukan ketegasan Bupati Karo, agar semua OPD melaksanakan lelang proyek fisik secepatnya. “Masing-masing OPD harus dipacu bekerja keras dan memiliki komitmen dalam mewujudkan program serta target yang telah disusun,” ketusnya.

Ini sudah menjelang akhir September, harusnya semua proyek fisik sudah dikerjakan termasuk APBD Perubahan 2018 sudah selesai dibahas."Harusnya gitu, Oktober sudah bisa pembahasan APBD induk 2019,"tegasnya. Hal lain disoroti adalah penyerapan anggaran diharapkan bukan hanya sekadar terserap saja namun juga diharapkan penyerapan memberikan efek positif dan produktif dalam rangka menggerakkan pembanguan daerah dan memberikan stimulus pertumbuhan ekonomi rakyat.

Senada hal itu, anggota DPRD Karo, Firman Firdaus Sitepu SH minta Pemkab Karo segera gerak cepat memaksimalkan serapan anggaran pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2018. "Serapan anggaran harus dipacu untuk dioptimalkan dengan memaksimalkan program kerja di masing-masing satuan organisasi perangkat daerah,” tegasnya.

Ini sudah menjelang akhir September 2018, tapi masih banyak proyek fisik yang belum dilelang seperti di Dinas PUPR, BPBD, Dinkes, Perkim dan lainnya. Sementara APBD Karo 2018 disahkan 15 Desember 2017. Sudah beberapa kali kita ekspos agar Pemkab Karo mempercepat lelang proyek fisik. Menurutnya, dengan keterbatasan keuangan daerah, alokasi anggaran yang ada juga harus dimaksimalkan penggunaanya. Di antaranya, dengan melakukan kegiatan-kegiatan prioritas dan OPD harus bisa merealisasikannya.

“Penyerapan anggaran setiap tahunnya masih kerap menjadi pekerjaan rumah (PR) dalam penyelenggaraan pemerintahan Pemkab Karo. Padahal, penyerapan anggaran sangat penting dan berpengaruh dalam setiap pelaksanaan pembangunan,” tuturnya.

Untuk itu, Pemkab Karo diminta peka dan mengambil kebijakan tepat guna memacu pertumbuhan ekonomi yang sedang lesu, sehingga dapat meningkatkan kembali daya beli masyarakat secara merata. "Daya beli sekarang benar-benar lesu, ini harus menjadi perhatian serius,"simpul Firman. (RTA)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 22 Oct 2018 29°C 22°C
  • 23 Oct 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px