Log in

IDI Siap Bantu Pemkab Karo Tangani Covid-19

Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Kepala Dinas Kesehatan Irna Safrina Meliala saat diskusi dengan IDI Kabupaten Karo. Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Kepala Dinas Kesehatan Irna Safrina Meliala saat diskusi dengan IDI Kabupaten Karo.

Kabanjahe-andalas Saat ini tenaga medis Kabupaten Karo sudah siap melakukan penanganan kasus virus corona atau Covid-19 karena sudah dibekali dengan pedoman penanganan virus tersebut, baik pedoman yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan maupun pedoman yang dikeluarkan IDI melalui perhimpunan dokter paru Indonesia sesuai panduan WHO.

Hal itu diungkapkan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Karo Dr Herman Bangun saat memberi saran dan masukan kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana di ruang kerja Bupati setempat, Selasa (24/3). Herman Bangun menjelaskan, saat ini IDI Kabupaten Karo berjumlah 70 orang tenaga medis, yang selalu siap membantu Pemkab Karo.

Untuk itu dia meminta kepada Bupati agar IDI dapat dilibatkan setiap rapat dan kegiatan yang dilakukan tim Gugus Tugas. Dia menilai dengan kehadiran IDI nantinya bersama dengan tim Gusta (Gugus Tugas) yang telah dibentuk, minimal IDI sesuai peran dokter dapat memberikan sosialisasi tentang sosial distancing dan pemberian vitamin/fooding bagi tenaga kesehatan (Nakes) untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Peran IDI untuk menangkal hal yang berkaitan penanganan Covid-19 yang selama ini mis-informasi yang berseliweran beredar di mana-mana, dampak ini menimbulkan keresahan, kekhawatiran, kecemasan bahkan berujung paranoid," kata Herman.

Herman Bangun  juga menyebutkan sejumlah langkah yang harus dilakukan pemerintah. Pertama, penderita harus cepat di isolasi dan ditangani sampai sembuh. Kedua, perlu adanya pelacakan kasus yaitu kepada orang-orang yang melakukan kontak dekat dengan penderita.

Dia mengatakan setelah terlacak, petugas kesehatan harus segera melakukan observasi dan pemeriksaan mendalam. Dia juga mendukung himbauan Pemkab Karo untuk menunda segala kegiatan yang bersifat keramaian. "Jauh lebih aman jika masyarakat tetap tinggal di rumah," imbuhnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Tim Gugus Tugas Covid 19 yang juga Kepala Dinas Kesehatan Karo Irna Safrina Meliala, menjelaskan, sampai saat ini belum ada ditemui kasus corona di Kabupaten Karo. "Kita berharap tetap demikian, namun kita tidak usah panik dan harus tetap waspada," kata Bupati.

Bupati Karo juga mengaku sependapat dengan saran dan masukan IDI, jaga stamina dan daya tahan tubuh kita masing-masing dengan cara pola hidup sehat, rajin cuci tangan, dan jauh lebih aman masyarakat tetap di rumah. "Segala masukan yang bersifat pencerahan berbasis ilmiah dari IDI Kabupaten Karo segera akan disampaikan ke tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19," ujar Bupati. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px