Log in

Huntap Tahap III untuk 1.038 KK Segera Dibangun

Tinjau-Sekretaris Utama BNPB, Dody Ruswandi didampingi Bupati Terkelin Brahmana, Asisten 1 Setdakab Karo Suang Karo-Karo, Kalak BPBD Martin Sitepu, Nius Ginting Kasi BPBD Karo saat meninjau lokasi relokasi tahap III di Siosar.(andalas/robert tarigan) Tinjau-Sekretaris Utama BNPB, Dody Ruswandi didampingi Bupati Terkelin Brahmana, Asisten 1 Setdakab Karo Suang Karo-Karo, Kalak BPBD Martin Sitepu, Nius Ginting Kasi BPBD Karo saat meninjau lokasi relokasi tahap III di Siosar.(andalas/robert tarigan)

Bupati Karo dan Sekretaris Utama BNPB Tinjau Siosar

Kabanjahe-andalas Relokasi pengungsi Sinabung tahap III, tahun 2018 ini bakal segera dibangun dengan skema Hunian Tetap (Huntap) sebanyak 1.038 Kepala Keluarga (KK) yang meliputi Desa Sigarang-Garang, Mardingding, Sukanalu dan Dusun Lau Kawar dengan luas lahan lebih kurang 70 ha berada di Siosar.

Demikian diungkapkan Sekretaris Utama BNPB, Ir Dody Ruswandi MSCE didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, Sekretaris BPBD Provsu Sabrina Tarigan MARS, Asisten 1 Setdakab Karo Drs Suang Karo-Karo, Kalak BPBD Ir Martin Sitepu, Nius Ginting Kasi BPBD Karo, saat melakukan peninjauan dan pengecekan lahan Huntap Tahap III di Desa Siosar Kecamatan Merek Kabupaten Karo, kemarin.

Saat peninjauan di lapangan, Sestama BNPB menjelaskan, segera buatkan data by name by adress, sesuai SK Bupati Karo, lalu minggu depan kalau bisa sudah kita terima SK-nya oleh BNPB, agar diproses sesuai ketentuan, supaya segera akan dibangun tahun ini.

Yang penting, saat ini BPBD Karo lengkapi adminitrasi terkait pembangunan Huntap Tahap III tersebut, agar jangan ada permasalahan di kemudian hari, kita tidak inginkan itu. "Kedatangan saya melihat lokasi tersebut, apakah secara fisik sudah siap dilakukan pembangunan atau belum, selain adminitrasinya. Ternyata progress pembersihan lapangannya untuk pembangunan Huntap sudah oke,” tuturnya.

Untuk pembangunan Huntap tahap III, Pemkab Karo pada prinsipnya sudah siap, terkait yang disinggung Sestama BNPB tadi untuk "by name by adress sudah saya instruksikan Asisten 1 Pemerintahan Suang Karo-Karo berkordinasi dengan Kalak BPBD agar segera membuatkan SK-nya."Paling lambat Senin (16/4) sudah saya bawa ke BNPB," terang Terkelin Brahmana. Mudah mudahan 2018 ini segera dibangun Huntap Tahap III relokasi pengungsi Sinabung, pastinya belum tahu bulannya, kira-kira lima bulan ke depan mungkin sudah mulai dibangun.

Terima kasih kepada Sestama BNPB, yang sudah menyempatkan diri ke Siosar untuk meninjau lokasi Huntap Tahap III, sekaligus singgah ke Huntap I di Desa Surbakti Kecamatan Simpang Empat meliputi Desa Gamber, Kutatonggal dan Berastepu sebanyak 95 KK dan Desa Kutatonggal sebanyak 67 KK. "Dalam kunjungan tersebut Sestama BNPB juga berkenan menyapa dan berdialog dengan masyarakat korban erupsi Gunung Sinabung sekaligus menampung aspirasi berupa keluhan masyarakat Huntap I di Desa Surbakti terkait listrik memiliki pemasangan daya per/rumah terpasang 1.300 VA,"kata Terkelin.

Daya listrik dengan 1300 VA sangat memberatkan setiap keluarga, keluhan tersebut langsung direspon Sestama BNPB dan akan melaporkan keluhan tersebut kepada kepala BNPB. Menjawab hal itu, Sekretaris Utama BNPB, Dody Ruswandi mengaku akan mencarikan solusi keluhan warga Huntap I, setelah bincang-bincang dengan masyarakat, sudah merangkum keluhan mereka. "Sepulang dari Kabupaten Karo, akan saya bicarakan dengan kepala BNPB, pokoknya kita bantu mereka,"ujarnya. 

Tampak hadir dalam kunjungan Sestama BNPB ke Huntap I Desa Surbakti, Camat Simpang Empat Amsah Perangin-angin, Camat Naman Teran Dwi Kora Sitepu, Sekdes Desa Surbakti Mahlon Surbakti. (RTA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 17 Jul 2018 31°C 23°C
  • 18 Jul 2018 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px