Log in

Himapalas : RPJPD Palas Harus Cepat Direalisasikan

Ali Tondi Hasibuan Ali Tondi Hasibuan

Sibuhuan,Sumatera Utara-andalas  Himpunan Mahasiswa Palas (Himapalas) Riau, sepakat agar Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Padang Lawas (Palas) secepatnya direalisasikan. Dalam hal ini Himapalas Riau sangat mendukung Perda rancangan pembangunan 25 tahun ke depan itu disahkan.

Ketua Himapalas Riau, Ali Tondi Hasibuan mengatakan, sesuai hasil audiensi dengan Bappeda tentang RPJPD Kabupaten Palas, tahapannya hanya tinggal penandatanganan kepala daerah. Sebelumnya, RPJPD Palas nomor registrasi dari Gubsu sudah diterbitkan.

Namun terkait penandatanganan Perda, kepala daerah yang kini dijabat Pjs Bupati harus mendapat persetujuan dari Mendagri. Untuk persetujuan itu sudah dibuat surat pengantar dari Pjs Bupati Palas ke Kemendagri. "Jadi, tinggal menunggu proses tanda tangan dari Pjs Bupati sesuai dengan ketentuan yang ada,"terangnya kepada usai audiensi dengan Bappeda Palas.

Terkait beredarnya soft copy tentang RPJPD. Menurut dia, adalah kesalahan tekhnis dan bukan dokumen RPJPD hasil yang sebenarnya. Di samping itu, soft copy yang beredar tersebut, bukan merupakan bahagian dari dokumen RPJPD Kabupaten Palas yang sudah memiliki nomor registrasi.

"Sesuai hasil audiensi kita, di situ kita pertanyakan. Ternyata, menurut Bappeda itu adalah kesalahan teknis tim di Bappeda, dan yang beredar di publik itu bukan dokumen hasil tim yang teregistrasi sudah terjawab sudah tentang soft copy  beredar tersebut,"katanya.

Sejauh ini, Himapalas Riau yakin itikad baik dari Bappeda masih mengharapkan dukungan dari semua elemen, untuk mendorong rampungnya penyelesaian RPJPD tersebut. Dan tentu Himapalas Riau dan semua fungsionaris turut mendukung penuh. Bahkan sangat berharap kepada Pjs Bupati untuk segera menuntaskannya. "Dan kita juga mendesak Pjs Bupati Palas untuk bekerjasama demi mempercepat rampungnya RPJPD tersebut,"katanya.

Ia minta, Pjs Bupati jangan anggap ini permasalahan sepele. "Sebagai pejabat yang saat ini bertanggung jawab penuh harus sigap, untuk mengantisipasi adanya polemik di tataran masyarakat Palas,"tegas Ali Tondi Hasibuan.

Terpisah, Kepala Bappeda Palas Hj Yenni Nurlina Siregar, Selasa (15/5) mengakui, masyarakat memang banyak mempertanyakan soal RPJPD ini. Termasuk mahasiswa-mahasiswa seperti Himapalas Riau yang tela beraudiensi dengan kita.

Menurut Nurlina, kepada Himapalas Riau telah disampaikan rancangan itu sudah dalam proses. Namun tentu saja membutuhkan proses."Hal itu sudah kita sampaikan prosesnya masih berjalan. Kami juga berharap, semua pihak ikut mendukung agar pengesahan RPJPD ini bisa secepatnya terealisasi. Apalagi sudah di nomor registrasi gubernur beberapa bulan lalu,"pungkasnya. (ISN)  

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

29°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 79%

Wind: 11.27 km/h

  • 22 May 2018 30°C 23°C
  • 23 May 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px