Log in

Fraksi NasDem DPRD Dairi Minta Bupati Rampingkan OPD

Nasib Marudur Sihombing Nasib Marudur Sihombing

Sidikalang-andalas Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Dairi Nasib Marudur Sihombing meminta Bupati Daiti Dr Eddy Kelleng Ate Berutu melakukan perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk efesiensi anggaran dan efektifitas kerja.

"Perampingan dapat dilakukan dengan melebur atau menggabungkan dua atau tiga OPD menjadi satu. Langkah ini akan menghemat alokasi belanja pegawai yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk keperluan yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat seperti pembenahan infrastruktur," kata Nasib Marudur Sihombing kepada wartawan di gedung DPRD Dairi, Senin (20/5).

Meski tidak menjabarkan secara rinci postur APBD Kabupaten Dairi tahun anggaran 2019, namun Nasib Marudur memastikan persentasi belanja pegawai masih mendominasi jika dibandingkan dengan belanja publik.

“Perampingan OPD akan berdampak pada berkurangnya PNS yang menduduki jabatan struktural sehingga anggaran untuk tunjangan jabatan, biaya perjalanan dinas, operasional kantor dan anggaran lainnya bisa dihemat," terang Nasib Marudur.

Dia menguraikan, perampingan dan penggabungan dapat dipertimbangkan untuk dilakukan seperti pada Dinas Perumahan dan Permukiman yang dapat digabung dengan Dinas Pekerjaan Umum. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak digabung dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Kemudian, Dinas Ketahanan Pangan disatukan dengan Dinas Pertanian, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dilebur dengan Dinas Kominfo, Balitbang digabung dengan Bappeda, demikian juga dengan OPD lainnya.

Nasib Marudur mengakui, sebagai bagian dari koalisi partai politik yang mengusung Eddy-Jimmy, Partai NasDem akan tetap concern memberikan masukan dan mengawal kebijakan pasangan yang mengusung jargon "perubahan" itu dalam mewujudkan visi Dairi Unggul Yang Menyejahterakan Masyarakat Dalam Harmoni Keberagaman.

Nasib Marudur yang pada pemilu lalu kembali mendapat amanat rakyat untuk duduk di DPRD Dairi mengaku telah memberikan masukan kepada Bupati Eddy KA Berutu dalam kesempatan diskusi  seputar reformasi Birokrasi dan perampingan OPD.

Dia menambahkan, selain efesiensi anggaran, peleburan dan pembenahan OPD juga akan memudahkan Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu melakukan kontrol terhadap efektivitas kinerja jajarannya. (GOL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px