Log in

Enam Koptan Asahan Terima Bantuan Indukan Sapi Impor


Kisaran,Sumatera Utara-andalas Enam kelompok tani peternak di Kabupaten Asahan menerima bantuan, yang dialokasikan pemerintah pusat berupa indukan sapi potong (brahman cross) dari Australia 2016 lalu.

Sesuai informasi diperoleh andalas di Dinas Peternakan Sumut, Rina, yang sebelumnya menjabat Kasi Pakan Ternak, kemarin, mengatakan, Kabupaten Asahan merupakan salah satu dari 14 kabupaten/kota yang menerima bantuan indukan sapi potong impor Australia (brahman cross).

Bantuan untuk para kelompok tani peternak tersebut sudah dilakukan pendataannya oleh pemerintah pusat pada 2015 lalu, bantuan sapi indukan bertujuan menambah populasi ternak di Sumatera Utara. "Penambahan indukan sapi dewasa ini diharapkan bisa menambah produksi daging sapi khususnya di hari-hari besar keagamaan,"kata Rina.

Sesuai informasi diterima, enam kelompok tani peternak di Kabupaten Asahan yang menerima bantuan tersebut. Koptan Usaha Bersama Desa Sei Alim Hasak, Kecamatan Sei Dadap menerima 25 ekor sapi brahman cross. Koptan Sinur Jaya Desa Aek Loba Kec Aek Kuasan 25 ekor, Koptan Terpadu Desa Sengon Sari, Kecamatan Aek Kuasan 25 ekor.

Koptan Kamboja Desa Tinggi Raja sebanyak 23 ekor sapi brahman cross, Kelompok Tani Peternak (Koptan) Harapan Maju Desa Bandar Pulau Pekan sebanyak 22 ekor, dan Koptan HSB Rukun Desa Air Teluk Hesa menerima 25 ekor sapi indukan brahman cross.

Sebelumnya, yang terlihat ada kejanggalan, terkait kelompok tani peternak yang menerima sapi indukan tersebut. Ketika andalas mengonfirmasi ke Dinas Peternakan Kabupaten Asahan. Tampak, mereka kurang transparan dan enggan membeberkan Koptan penerima bantuan.

Padahal, jelas ditegaskan Kasi Pakan Ternak Dinas Provsu , bahwa saat penyerahan 145 ekor indukan sapi impor tersebut, para Koptan didampingi pihak Dinas Peternakan Kabupaten Asahan dan penyerahannya dari provinsi juga selalu dipublikasikan ke berbagai media cetak terbitan Medan. (FAS)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 92%

Wind: 6.44 km/h

  • 22 Sep 2018 27°C 22°C
  • 23 Sep 2018 30°C 21°C

Banner 468 x 60 px