Log in

Dugaan Korupsi Proyek Dinas PUPR DS Diselidiki Poldasu


Lubuk Pakam,Sumatera Utara-andalas Ditreskrimsus Poda Sumatera Utara tengah melakukan penyelidikan atas dugaan tindak pidana korupsi pada pelaksanaan 5 paket proyek pembangunan jalan di Dinas PUPR Deli Serdang, tahun 2015 hingga 2017. Informasi diperoleh, Ditreskrimsus Polda Sumut telah meminta hasil audit kelima proyek tersebut kepada Inspektorat Deli Serdang melalui surat.

Kelima paket proyek yang sedang diselidiki itu masing-masing pekerjaan rehabilitasi/pemeliharaan jalan dalam Kecamatan Hamparan Perak tahun anggaran 2017, pekerjaan pelebaran/peningkatan ruas jalan Simpang Kloni III–SP, Tandem Hilir Kecamatan Hamparan Perak tahun anggaran 2015.

Kemudian pekerjaan pelebaran/peningkatan ruas jalan Simpang Beringin–Klumpang, Kecamatan Hamparan Perak tahun anggaran 2016, pekerjaan peningkatan ruas jalan Hamparan Perak–Paluh Manan, Kecamatan Hamparan Perak tahun anggaran 2017 serta pekerjaan peningkatan ruas jalan Tandem Hilir–Kota Datar, Kecamatan Hamparan Perak 2017.

Menindaklanjuti surat Ditreskrimsus dimaksud, Inspektur Kabupaten Deli Serdang mengeluarkan Surat Perintah Tugas No 094/23/KH/2018 tertanggal 23 April 2018 kepada H Agus Mulyono SH MSi, Drs Jamden Purba, Irwan Pantas Siregar AP MSi, Idris Siregar SH dan Kristiani Tarigan SE, untuk melakukan pemeriksaan khusus dugaan tindak pidana korupsi terkait pelaksanaan pembangunan kelima paket proyek tersebut.

Sekretaris Inspektorat Kabupaten Deli Serdang, Usron Nasution ketika ditanya wartawan menjelaskan, kelima paket proyek tersebut telah selesai diaudit dan hasilnya telah diserahkan ke Ditreskrimsus Polda Sumut.

Namum Usron enggan menguraikan hasil audit tersebut dengan alasan perundang-undangan. “Isi berita acara hasil audit tidak bisa saya informasikan, karena ada peraturan yang mengatur tentang hal itu,"ujarnya diplomatis.

Ditreskrimsus Polda Sumut Kombes Toga Habinsaran Panjaitan, membenarkan pihaknya telah menerima hasil audit kelima proyek bermasalah itu dari Inspektorat Kabupaten Deli Serdang. “Berita acara audit dari Inspektorat sudah diterima dan masih dipelajari,"katanya.

Sesuai investigasi wartawan di lapangan, pengerjaan kelima paket proyek pembangunan jalan yang nilai puluhan miliar itu, diduga kuat banyak penyimpangan yang tidak sesuai dengan ketentuan. Karena itu, masyarakat berharap agar Ditreskrimsus Polda Sumut melanjutkan pengusutannya.(TH)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 4.83 km/h

  • 11 Dec 2018 28°C 22°C
  • 12 Dec 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px