Log in

Dua Siswa Tobasa Raih Perunggu di OSN Tingkat Nasional


Tobasa,Sumatera Utara-andalas Dua siswa Toba Samosir (Tobasa), yakni Joel Van Doli Marpaung, siswa SD Sw Bonapasogit Sejahtera dan Noel Dwirenov Butarbutar siswa SMP Sw Bonapasogit Sejahtera Kecamatan Parmaksian berhasil menggoreskan tinta emas dengan meraih medali perunggu di Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional 2018 di Padang, Provinsi Sumatera Barat.

“Ada 5 siswa SD/SMP kami berangkatkan mengikuti OSN tingkat nasional 2018 di Padang. Kelima siswa yakni, Joel Van Doli Marpaung, siswa SD Sw Bonapasogit, untuk Bidang Studi Matematika, Juan Salomo Hutabarat, siswa SD Sw HKBP 1 Balige, Bidang Studi IPA, Mutiara Zalukhu, siswa SDN 175811 Pangombusan, Bidang Studi IPA, Patricia PA Tambunan siswa Sw San Francesco Balige, Bidang Studi IPA dan Noel Dwirenov Butarbutar, siswa SMP Sw Bonapasogit Parmaksian untuk Bidang Studi IPA. Dari kelima siswa, 2 diantaranya berhasil meraih medali perunggu yakni Joel Van Doli Marpaung dan Noel Dwirenov Butarbutar,” terang Plt Kepala Dinas Pendidikan Parlinggoman Panjaitan di Balige, Kamis (12/7).

Dijelaskan, keberangkatan kelima siswa ke Padang bukan atas nama Kabupaten Tobasa melainkan membawa nama Provinsi Sumatera Utara. “Mereka perwakilan Provinsi Sumatera Utara berangkat mengikuti di OSN tingkat nasional 2018 di Padang,” ujarnya.

OSN XVII berlangsung lima hari. Pembukaan dilaksanakan Senin (2/7) lalu dan ditutup Sabtu (7/7). OSN dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad. OSN dilaksanakan untuk membina dan mengembangkan bakat, minat serta prestasi peserta dalam bidang ilmu pengetahuan serta teknologi.

"Artinya OSN merupakan arena penguatan pendidikan karakter siswa agar berintegritas, jujur, pekerja keras dan tangguh. Mengembangkan bakat, minat serta prestasi peserta. Selain itu OSN juga merupakan wujud pembinaan literasi di bidang sains," ujar Parlinggoman.

Karenanya lanjut Parlinggoman, OSN tingkat Nasional 2018 diikuti seluruh pelajar se-Indonesia terdiri dari jenjang SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA untuk berlaga dalam 11 bidang lomba diantaranya Matematika, IPA, IPS, Komputer dan lain lain.

Untuk mendampingi siswa Tobasa ke Padang, Sumatera Barat, turut berangkat Wakil Bupati Ir Hulman Sitorus MM didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan Parlinggoman Panjaitan dan sejumlah staf Dinas Pendidikan. (edu)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

26°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 85%

Wind: 0.00 km/h

  • 22 Sep 2018 27°C 22°C
  • 23 Sep 2018 30°C 21°C

Banner 468 x 60 px