Log in

Dua Kecamatan di Asahan Terendam Tingginya Debit Air Sungai

TERENDAM - Tingginya debit air sungai dari hulu menyebabkan dua kecamatan di Kabupaten Asahan, terendam. TERENDAM - Tingginya debit air sungai dari hulu menyebabkan dua kecamatan di Kabupaten Asahan, terendam.

Asahan,Sumatera Utara-andalas Tingginya debit air sungai berada di hulu sungai seperti di Kabupaten Simalungun yang terjadi beberapa hari ini, berimbas dua kecamatan yang dilalui Sungai Sipulpul, Aek Piasa, Hianga, Sungai Silo, dan Sungai Ambalutu, merendam Kecamatan Tinggi Raja dan Buntu Pane.

 Demikian informasi dikutip andalas dari Pusdalops PB BPBD Kabupaten Asahan, Kamis (11/10). Dari informasi tersebut diketahui dampak tingginya intensitas hujan dalam tiga hari terakhir baik di hulu Kabupaten Simalungun, Kota Siantar, Batu Bara serta Kabupaten Asahan’ pada 10 Oktober 2018 dini hari, berdampak naiknya debit air sungai di bagian hulu wilayah Kabupaten Asahan secara cepat mengakibatkan luapan air sungai pada pukul 10.00 WIB di Desa Buntu Pane, Desa Piasa Ulu,  Terusan Tengah, dan Desa Teladan.

Mulai tengah hari pukul 12.00 sampai dengan 15.00 WIB, Desa Prapat Janji dan kondisi umum desa lainnya air terus merangkak naik merendam rumah penduduk yang berlokasi rendah, serta berdekatan dengan aliran sungai. Namun, setelah pukul 17.30 WIB kondisi banjir yang merendam beberapa desa di Kecamatan Tinggi Raja dan Buntu Pane mulai berangsur surut.

Hal itu sesuai laporan Pusdalops PB BPBD Asahan banjir yang mulai surut tersebut terlihat seperti di Desa Piasa Ulu, Desa Terusan Tengah, Desa Teladan, Desa Buntu Pane, Desa Prapat Janji ketinggian air bervariasi 20 hingga 150 cm yang sebelumnya ketinggian air mencapai hampir 1 meter.

Dari laman Pusdalops PB  BPBD Asahan diketahui, BPBD Kabupaten Asahan telah menurunkan Satgas PB ke lokasi dan mengimbau warga yang terdampak banjir, agar senantiasa siaga dalam menghadapi kondisi saat ini maupun jika kondisi genangan air bertambah naik, sembari memersiapkan posko siaga lapangan yang disertai tenaga kesehatan guna mengantisipasi hidrasi pada warga. (FAS)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 98%

Wind: 8.05 km/h

  • 20 Oct 2018 30°C 21°C
  • 21 Oct 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px