Log in

DPRD Palas Akan Bentuk 8 Fraksi

H Mhd Hamidi Pasaribu H Mhd Hamidi Pasaribu

Sibuhuan-andalas Setelah 30 anggota DPRD Kabupaten Padang Lawas (Palas) periode 2019-2024 resmi dilantik, dua pimpinan DPRD sementara kini dipegang H Mhd Hamidi Pasaribu dari Partai Golkar dan HIrsan Bangun Harahap dari Partai Hanura.

Plt Sekretaris DPRD Kabupaten Palas Agustina Ritinga SH mengatakan, setelah resmi dilantik maka tahap selanjutnya yang menjadi tugas 30 anggota DPRD yang baru ini adalah pembentukan fraksi. Rapat pembentukan fraksi dijadwalkan akan dimulai pekan depan.

Dikatakan Agustina, hingga saat ini Sekretariat DPRD Kabupaten Palas telah menyurati pengurus partai politik yang memiliki kursi di DPRD untuk pembentukan fraksi. Sedangkan lainya hingga kini masih menunggu hasil konsolidasi dari masing-masing paartai politik.

“Tergantung pimpinan, saat ini menunggu fraksi terbentuk dulu. Hanya enam partai, seperti Partai Golkar, Hanura, PAN, PKB, Demokrat, Gerindra yang memenuhi membentuk fraksi, sementara yang lainnya tidak cukup. Misalkan PPP, Nasdem, PKPI, PSI, PKS, PDI-P harus bergabung untuk membetuk fraksi. Kemungkinan ini baru dimulai Senin depan," kata Agustina, Jumat  (23/8).

Hal senada disampaikan pimpinan DPRD Palas sementara HM Hamidi Pasaribu. Ia mengungkapkan, jika dilihat dari perolehan jumlah kursi masing-masing partai politik, hanya enam partai yang bisa membentuk fraksi sendiri, yakni Partai Golkar, Hanura, PAN, Demokrat, PKB, dan Partai Gerindra.

Sedangkan lainya, tambah Hamidi, seperti PPP, Partai Nasdem, PKS, PSI, PKPI, dan PDIP dipastikan akan bergabung menjadi 2 fraksi gabungan karena perolehan kursinya tidak memenuhi syarat membentuk secara mandiri. "Hal itu sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2018  tentang Pedoman Penyusunan Tatib DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota," kata Hamidi.

"Peraturannya minimal sama dengan jumlah komisi, sehingga minimal anggota fraksi ini tiga orang untuk satu fraksi. Sedangkan partai yang perolehan kursi tidak memenuhui akan gabung ke mana terserah, mau ke partai yang perolehan kursinya banyak juga bisa,” pungkas Hamidi Pasaribu. (ISN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px