Log in

DPRD Dairi Nihil Perda Inisiatif

Plt Sekretaris DPRD Dairi Drs Erikson Purba Plt Sekretaris DPRD Dairi Drs Erikson Purba

Masa Jabatan Segera Berakhir

Sidikalang-andalas Masa jabatan anggota DPRD Dairi periode 2014-2019 akan segera berakhir tepatnya pada 13 Oktober 2019. Namun selama lima tahun menjabat belum ada satupun peraturan daerah (Perda) inisiatif yang dihasilan 35 anggota DPRD Dairi periode 2014-2019.

Plt Sekretaris DPRD Dairi Erikson Purba dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Selasa (10/9), tidak menampik hal itu. Dengan gestur yang berusaha mengingat-ingat, Erikson kemudian menyebut bahwa yang dibahas selama ini masih merupakan usulan pihak eksekutif.

“Seingat saya, belum pernah ada racangan peraturan daerah (Ranperda) yang diinisiasi anggota dewan disahkan menjadi Perda. Yang mereka bahas selama lima tahun ini masih Ranperda yang diusulkan eksekutif," sebutnya.

Sebelum menjadi Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris DPRD sejak 2 September 2019 lalu menggantikan Drs Wesly Manullang yang purna tugas, Erikson Purba menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Persidangan Sekretariat DPRD Dairi yang selalu aktif dalam setiap agenda sidang DPRD. “Pernah ada yang masuk di prolegda, namun tidak dilanjutkan, saya lupa tentang apa," kata Erikson.

Penggiat LSM di Dairi, Marulak Siahaan yang dimintai tanggapan seputar nihilnya Perda inisiatif anggota dewan, mengatakan, anggota DPRD Dairi periode 2019-2014 pantas diberi label minus prestasi. Sebab, 35 anggota DPRD Dairi tidak menunjukan kinerja yang maksimal dalam fungsi legislasi selama menjabat lima tahun.

“Lantas apa arti kunker selama lima tahun ini, apa aktualisasi perjalanan dinas yang menghabiskan uang rakyat selama ini?" sesal Marulak. Anggota DPRD periode mendatang harus menjadikan rekor buruk itu menjadi catatan untuk tidak terulang. Jangan hanya bisa jalan kesana-kemari dengan alasan bimtek, kunker atau studi banding, reses menyerap aspirasi dan lain sebagainya.

“Ke depan anggota DPRD Dairi jangan lagi hanya menjadi tukang stempel yang tahunya hanya mengkritik tanpa memiliki kreasi," harap Marulak. Anggota DPRD Dairi mendatang harus memiliki kepekaan terhadap persoalan-persoalan di tengah-tengah masyarakat, memaksimalkan fungsi legislasi dengan menginisiasi Perda yang berpihak terhadap penguatan hak-hak rakyat. (GOL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px