Log in

Distan Palas Sosialisasi Program Peremajaan Kelapa Sawit

BERSAMA - Wabup Ahmad Zarnawi Pasaribu bersama Kadistan Abdullah Nasution, Kabagmin Kajari Palas Agsyana diabadikan bersama usai sosialisasi BERSAMA - Wabup Ahmad Zarnawi Pasaribu bersama Kadistan Abdullah Nasution, Kabagmin Kajari Palas Agsyana diabadikan bersama usai sosialisasi

Sibuhuan,Sumatera Utara-andalas  Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas menggelar sosialisasi program peremajaan kelapa sawit rakyat yang akan segera dilaksanakan seluas 1.500 dari 33.925 hektar direncanakan sampai 2022. Kegiatan berlangsung selama dua hari, Kamis sampai Jumat (7/9) di Aula Hotel Grandika Sibuhuan diikuti 60 peserta.

Wakil Bupati Palas H Ahmad Zarnawi Pasaribu saat membuka sosilisasi mengatakan, Pemkab Palas sangat mendukung program peremajaan kelapa sawit yang didanai Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Program ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan para pekebun kelapa sawit.

"Pemkab Palas akan terus mendorong pekebun sawit daerah untuk ikut serta dalam program yang telah dicanangkan pemerintah pusat, karena sawit milik warga di daerah ini umumnya warisan yang usianya sudah di ambang batas produksi sehingga sangat perlu untuk diremajakan,"katanya.

Menurutnya, hasil panen sawit di Palas hanya mencapai rata rata 3 ton, sedangkan nasional sudah 8 ton. Kondisi ini dikemungkinan disebabkan usia pokok sawit yang sudah tua, pemupukan kurang optimal dan terutama bibit awal kurang baik.

Data diperoleh Pemkab, katanya, hanya 20 persen sawit milik warga menggunakan bibit bersertifikasi. Dengan adanya peremajaan ini dapat membantu petani kebun sawit dari mulai masa tanam sampai produksi. Selain itu, Pemkab Palas akan menyediakan bibit padi, jagung ataupun kedelai untuk ditanam di antara tanaman sawit melalui kelompok tani, sehingga beban pekebun semasa penanmman sawit terbantu. "Program peremajaan sawit harus diterima dengan baik dan Pemkab Palas sangat mendukungnya,” tegas Zarnawi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Palas Ir H Abdullah Nasution dalam laporannya mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan yakni, SK Dirjen Perkebunan nomor 29/KPTS/KB.120/3/2017 dan No 240/KPTS/KB.120/7/2018 tentang peremajaan tanaman kelapa sawit, pengembangan SDM dan bantuan sarana dan prasarana dalam rangka pendanaan BPDPKS.

Secara garis besar tahun 2018, Kabupaten Palas memiliki luas kawasan perkebunan kelapa sawit sekitar 121, 636, 13 hektar dimiliki perusahaan swasta nasional,  BUMN dan perkebunan rakyat. "Dari luasan itu, terdapat 33, 925 hektar merupakan milik rakyat yang menjadi sasaran program peremajaan kelapa sawit,"ungkapnya.

Untuk tahun ini program peremajaan ditargetkan, kata Abdullah, seluas 1500 hektar, namun yang sudah memenuhi berkas  persyaratan untuk saat ini seluas 513 hektar di Kecamatan Hutaraja Tinggi dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat.  

Kegiatan sosialisasi dihadiri Dinas Perkebunan Sumut, Kajari Palas diwakili Kabag Pembinaan Agsyiana, Camat Hutaraja Tinggi, Abdul Rauf, mewakili Kapolsek Sosa, Danramil 09 Sosa Kapten Arm. Saleh Hasibuan, pimpinan BRI Sibuhuan, PT KAS yang menjadi mitra dalam program peremajaan serta Dinas Perizinan Terpadu Palas. (ISN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 11.27 km/h

  • 20 Sep 2018 30°C 22°C
  • 21 Sep 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px