Log in

Diresmikan Oktober 2017, Kios Pasar Klohi Salak Sudah Banyak yang Tutup

KONDISI halapan Pasar Klohi di Salak, Kabupaten Pakpak Bharat tampak seperti kubangan kerbau akibat kurangnya perhatian dinas terkait. KONDISI halapan Pasar Klohi di Salak, Kabupaten Pakpak Bharat tampak seperti kubangan kerbau akibat kurangnya perhatian dinas terkait.

Pakpak Bharat-andalas Sejulah kios di Pasar Klohi, Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat banyak yang tutup. Kondisi pasar saat ini sangat memperihatinkan karena atap kios banyak yang bocor. Padahal, pasar tersebut baru diresmikan pada 12 Oktober 2017 lalu.

Pantauan andalas di Pasar Klohi, Kamis (13/6), terlihat sejumlah kios banyak yang tutup. Penerangan listrik di dalam gedung pasar terlihat sangat minim, begitu juga jalan yang seharusnya peruntukannya untuk para pembeli berubah menjadi lahan parkir dan tempat berjualan sehingga kenyamanan pembeli menjadi terganggu.

Saat pembagian kios-kios kepada para pedagang telah disepakati, jika kios tidak difungsukan maka Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pakpak Bhrata akan menarik kios tersebut dan akan memberikan kepada masyarakat yang membutuhkannya. Bahkan, tidak boleh dipindahtangankan atau disewakan kepada pihak lain.

Dinas Koperasi dan UMKM Pakpak Bharat melaksanakan aturan tersebut karena melihat banyaknya kios-kios yang sudah lama tutup, namun tidak diindahkan pemilik kios karena diduga pemilik kios banyak dari kalangan keluarga pejabat di Pakpak Bharat.

Banyaknya kios yang tutup di pasar terbesar di Pakpak Bharat tersebut sangat disesalkan oleh warga. Sebab, banyak warga yang benar-benar berprofesi sebagai pedagang mengaku sulit untuk mendapatkan kios dan membuka usaha di Pasar Klohi.

Anehnya lagi, para pedagang yang ada di sekitar lokasi Pasar Klohi tidak ada yang tahu siapa sebenarnya pemilik kios-kios yang tutup tersebut. "Banyak kios yang sudah lama tutup, bahkan ada yang sudah satu tahun tidak buka. Kami tidak tau siapa yang punya kios tersebut, nggak ngerti kami," kata Berutu, salah satu pedagang di Pasar Klohi.

Selain banyaknya kios yang tutup, para pedagang juga mengeluhkan kondisi pasar yang sudah bocor dan minimnya fasilitas seperti lampu penerangan di dalam gedung pasar dan penyediaan air bersih serta halaman mirip kubangan kerbau.

Kepala Bidang Bidang Pasar Dinas Koperasi dan UMKM Pakapak Bharat Dumarita Purba saat dikonfirmasi terkait kondisi Pasar Klohi tersebut, tidak mau memberi tanggapan. Dumarita Purba hanya menyarankan, jika ada masyarakat yang mau menggunakan kios kosong segera membuat surat permohonan ke Dinas Koperasi dan UMKM Pakapak Bharat.

"Kalau ada masyarakat yang mau memakai kios yang kosong di pasar itu, silahakan suruh membuat surat permohonan ke Dinas Koperasi dan UMKM," ujarnya Dumarita Purba. (WES)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px