Log in

Dikecam, Pembangunan Jalan Tak Disertai Pengawasan

Hancur-Jalan menghubungkan sejumlah desa di Dairi hancur lebur Hancur-Jalan menghubungkan sejumlah desa di Dairi hancur lebur

Sidikalang-andalas Wakil Ketua DPRD Dairi, Benpa Hisar Nababan mengungkapkan kekecewaannya melihat ketiadaan pengawasan terhadap realisasi pembangunan di daerah itu. Hal itu disampaikannya menyikapi kupak-kapiknya jalan di lintasan Desa Hutaim baru hingga Kabanjulu Kecamatan Lae Parira.

Kekecewaan tersebut disampaikannya di sela rangkaian kunjungan reses di Desa Kabanjulu, kemarin. Dalam kunjungan itu, dia merasakan sendiri akses ke permukiman itu berlubang-lubang. Sedangkan, lintasan jalan menuju kantor kepala desa belum juga diaspal.

Dijelaskan, miliaran rupiah dana digelontorkan dari APBD Kabupaten Dairi untuk merehabilitasi fasilitas publik menghubungkan antarkecamatan itu. Namun, niat merawat atau memelihara sepertinya minim. Terbukti, masih terbilang baru diselesaikan, sudah hancur.

Salah satu penyebab problema, kata Benpa Nababan, muatan kendaraan berupa batuan diduga melebihi ambang batas. Kelas jalan sudah jelas, yakni 3 B dan masuk kualifikasi kabupaten. Tetapi armada yang membawa batu di atas 10 ton relatif  banyak. Mungkin, lebih seratus truk melintas setiap hari. "Pembiaran itu berdampak pada struktur aspal jadi keropos,"ujarnyaa.

Dinas Perhubungan Pemerintahan Kabupaten Dairi, kata Benpa, hampir tidak pernah melakukan kontrol terhadap muatan kendaraan di jalur tersebut. Alhasil, alokasi anggaran berpotensi sia-sia. Realitas itu berujung menyusahkan rakyat. Sebab, masih baru diperbaiki, tetapi rakyat sudah mengeluh lagi, karena kondisi jalannya hancur lebur. Entah di mana koordinasi antarorganisasi pemerintah daerah. (gl)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 100%

Wind: 6.44 km/h

  • 15 Nov 2018 26°C 22°C
  • 16 Nov 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px