Log in

Desa Siali Ali Palas Kembangkan Budidaya Sayur dan Buah


Sibuhuan-andala Desa Siali Ali, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas) dinilai salah satu desa produktif untuk pengembangan tanaman sayur mayur dan buah-buahan lokal.

Pj Kepala Desa Siali Ali Ali Akbar Sadli Dalimunthe SSTP mengatakan, pengembangan tanaman pertanian seperti sayur mayur dan buah-buahan aktif dibudidayakan warga setempat sebagai tambahan ekonomi masyarakat untuk kesejahteraan.

Dalam menjalankan program di sektor pertanian, kata Ali yang juga Kasubag Bantuan Hukum dan HAM di Sekretarian Daerah (Setda) Kabupaten Palas, warga setempat mengandalkan sumber dana dari swadaya warga secara bersama membangun lokasi pertanian untuk menjadi kawasan produksi sayur mayur dan buah-buahan secara berkesinambungan untuk sumber ekonomi.

"Selain itu, warga juga dibantu Pemerintah dalam penyediaan bibit tanaman yang dibutuhkan melalui kelompok tani," terang Ali Akbar, Sabtu (15/6).

Ditanya untuk jenis tanaman sayuran dan buah-buahan apa saja yang dibudidayakan di Desa Siali Ali, Ali Akbar mengatakan, "Para petani melalui kelompok tani di desa ini bercocok tanaman semua jenis sayur seperti cabai, terong, sawi, varia, gambas, kangkung, bayam, pepaya, semangka, pisang dan jenis lainnya."

"Hasil panen sayur mayur dan buah-buahan lokal hasil produksi petani dari Desa Siali Ali dijual di pasar tradisional dan ada juga yang dikonsumsi warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari," pungkasnya. (ISN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px