Log in

Delapan Rumah Warga di Panyabungan Terbakar

PIHAK Dinas Sosial Madina saat memberikan bantuan kepada warga Kelurahan Kotasiantar, Kecamatan Panyabungan yang tertimpa musibah kebakaran, Selasa (12/11). PIHAK Dinas Sosial Madina saat memberikan bantuan kepada warga Kelurahan Kotasiantar, Kecamatan Panyabungan yang tertimpa musibah kebakaran, Selasa (12/11).

Madina-andalas Sebanyak  delapan rumah milik warga di Banjar Bolak IV Kelurahan Kotasiantar, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) habis dilalap api, Selasa (12/11) dini hari.

Musibah kebakaran yang diperkirakan terjadi sekira Pukul 03.30 WIB tersebut, selain menghanguskan delapan rumah warga, api juga menghanguskan ruko penjual kelontong dan warung milik warga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun andalas, api baru bisa di padamkan dua jam kemudian atau sekitar Pukul 05.15 WIB, setelah dua unit mobil Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Madina dan satu unit mobil Water canon Polres Madina diturunkan dengan dibantu masyarakat sekitar untuk memadamkan api.

Lurah Kotasiantar Pausir kepada andalas menjelaskan, ada 10 bangunan yang terbakar di antaranya delapan unit rumah warga, satu unit ruko dan warung. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, hanya saja kerugian material diperkirakan milyaran rupiah.

"Kebakaran terjadi sekitat Pukul 03.30 WIB menjelang subuh dan sekira Pukul 05.30 WIB, api baru baru bisa dipadamkan dengan dibantu pemadam dan warga," kata Pausir.

Lebih lanjut Pausir memaparkan, kobaran api agak sulit dipadamkan karena secara kebetulan semua aliran air sungai sedang kering karena tanggul pembagi air yang berada di hulu sedang rusak akibat luapan Sungai Aekmata sehari sebelumnya.

"Harta benda milik warga tidak ada yang dapat terselamatkan pada saat kebakaran terjadi, besarnya api membuat seisi rumah dan sebuah ruko milik Hj Henny ludes dilalap si jago merah. Hanya pakaian yang dipake sajalah yang dibawa para korban kebakaran," jelasnya.

Pausir mengatakan, saat ini para keluarga korban kebakaran diungsikan di rumah sanak famili. Dan Pihak kelurahan sudah melaporkan peristiwa ini pada Pemerintah Daerah dan hari ini akan dibuat dapur umum serta posko bantuan korban kebakaran.

Dari data yang dihimpun, identitas yang rumahnya terbakar Hj Enni (50), Amirudiin Hasibuan (65), H Muhammad Rafi (53), Ardiansyah (45), Kurnia, Nefri (30), Sahro (60), Erlina (45), dan Umak Kokom (55).

Sejauh ini bantuan dari Pemkab Madina melalui Dinas Sosial sudah tiba untuk membantu delapan keluarga yang tertimpa musibah kebakaran ini. Penyebab terjadinya kebakaran masih dalam penyelidikan kepolisian. (JBL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px