Log in

Dana Sertifikasi Tak Kunjung Dibayar, Nasib Guru Honorer Kemenag Langkat Memprihatinkan

Gedung Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Langkat Gedung Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Langkat

Stabat-andalas Ratusan guru honorer madrasyah di lingkungan Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Langkat mengalami nasib yang sangat memprihatinkan. Pasalnya, sudah berbulan-bulan mereka belum menerima dana sertifikasi atau tunjangan profesi guru (TPG) non-PNS.

Sejumlah guru honorer yang mengajar di Raudhatul Anfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS), dan Madrasah Aliyah (MA) yang meminta namanya tidak disebutkan, menuturkan kekecewaan mereka.

Menurut para guru honorer tersebut, dana sertifikasi sebersar Rp1.500.000 per bulan yang biasanya mereka terima, ada beberapa bulan pada tahun-tahun sebelumnya belum dibayarkan. Seperti tahun 2016, ada lima bulan lagi yang belum dibayar, padahal sudah ada hasil pemeriksaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Sedangkan untuk tahun 2019 ada tiga bulan lagi yang belum dibayarkan yaitu Oktober, November dan Desember. Parahnya lagi, menurut guru honorer, pencairan dilakuan namun sebagian hanya untuk yang berumur 40 tahun ke atas, sementara guru berumur 40 tahun ke bawah hanya menjadi penonton.

Sementara informasi yang beredar diperoleh wartawan, ada yang mengatas namakan pengurus Majelis Silahturahmi Guru Honorer Kabupaten Langkat (MSGHM) menyampaikan kepada seluruh guru sertifikasi dan inpassing agar wajib datang untuk menuntut hak tunjangan TPG yang tidak kunjung dibayarkan.

Selain itu, pengurus MSGHM telah mencari informasi langsung ke Kanwil Kemenag Sumut dan BPKP, sehingga memutuskan agar seluruh guru sertifikasi non inpassing dan inpassing harus ikut secara bersama-sama mengelar aksi di kantor Kemenag Langkat di Stabat agar ada kepastian, kapan dilakukan pembayaran tunggakan.

"Aksi serupa juga akan dilakukan bersamaan di kabupaten/kota lainnya yang ada di Provinsi Sumut yaitu pada Selasa 25 Februari 2020 Pukul 09.00 WIB. Tujuan aksi ini agar ada kepastian, kapan dilakukan pembayaran dana sertifikasi yang sudah berbulan-bulan tidak dibayar," kata sumber.

Sementara itu, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Langakat Hj Siti Aminah SAg MA saat dikonfirmasi wartawan melalu pesan singkat (SMS) seputar permasalahan dana sertifikasi yang berbulan-bulan belum dibayar, dijawab dengan singkat, anggaran tidak ada. (DN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px