Log in

Cegah Virus Hog Cholera, Dinas Peternakan Batu Bara Suntik Babi Secara Gratis

KEPALA Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Batu Bara Nelta Perangin-angin saat melakukan penyuntikan babi. KEPALA Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Batu Bara Nelta Perangin-angin saat melakukan penyuntikan babi.

Batu Bara-andalas Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Batu Bara melalukan penyuntikan vitamin terhadap hewan ternak babi secara gratis guna mencegah penyebaran virus hog cholera di wilayah Kabupaten Batu Bara. Selain melakukan penyuntikan, petugas dinas setempat juga melakukan penyemperotan desinfektan pada kandang babi.

"Hewan ternak babi sudah kita periksa. Sampai saat ini kita belum ada menerima laporan terkait virus itu. Selain kita periksa, kita juga melakukan penyemperotan desinpektan dan penyuntikan gratis," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perkebunan Batu Bara Nelta Perangin-angin didampingi Seksi Kesehatan Hewan drh Rian Arisandy di ruang kerjanya di Limapuluh, Selasa (12/11).

Nelta mengatakan, Pemerintah Kabupaten Batu Bara sudah membuat surat edaran terkait peningkatan kewaspadaan terhadap ternak babi. Selain itu, petugas juga melakukan pemantauan langsung di daerah yang ada populasi ternak babi.

"Kita sudah buat surat kepada petugas untuk memantau terutama di desa yang ada ternak babi. Kita jeput bola, mana tahu ada peternak yang tidak mau lapor," kata Nelta.

Selain mengawasi hewan ternak babi di Batu Bara, Dinas Peternakan dan Perkebunan juga memantau masuknya hewan ternak babi dari luar daerah ke Kabupaten Batu Bara.

"Kita rencana akan menugaskan petugas untuk mengecek keluar masuknya hewan ternak babi ke Kabupaten Batu Bara. Kita juga menghimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan kepada dinas terkait kalau ditemukan hewan ternak babi yang mati. Jangan dibuang sembarangan apalagi dibuang ke sungai," ujarnya.

Informasi yang dihimpun, populasi babi di Kabupaten Batu Bara ada sebanyak 8.802 ekor yang tersebar di 11 kecamatan. (PR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px