Log in
Selamat dan Sukses dari BAPPEDA

Cegah Covid-19, Lapas Labuhan Ruku Bebaskan 119 Napi

Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku di Kabupaten Batu Bara. Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku di Kabupaten Batu Bara.

Batu Bara-andalas Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Labuhan Ruku Ian Rusmanto mengatakan, pihaknya telah membebaskan 119 narapidana (Napi) dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Pembebasan Napi ini sesui keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19," kata Ian Rusmanto kepada wartawan, Selasa (6/4).

Dijelaskan Ian Rusmanto, Napi yang sudah dibebaskan sebanyak 119 orang dari jumlah keseluruhan 370 Napi. "Yang dibebaskan ini memiliki kasus kriminal yang beragam dan masuk dalam kriminal umum. Dibebaskan bukan spesikasi umur tetapi mereka yang tidak terkait dengan PP No 99 tahun 2012. Ini akan terus berlanjut hingga tanggal 7 April 2020 bahkan tidak menutup kemungkinan waktunya akan ditambah," terang Ian Rusmanto.

Menurutnya, ada dua cara pembebasan yakni asimilasi dan integrasi. Mereka yang integrasi adalah mereka yang memenuhi syarat PP bebas bersyarat, cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat.

Kemudian cara asimilasi, tahun ini sudah memenuhi syarat itu tetapi belum sampai waktunya 2/3 masa tahanan, setengah dari 2/3 masa tahanan, pada tahanan ini sudah masuk kategori tahanan yang akan dibebaskan.

Terkait Covid-19,  Ian Rusmanto mengatakan  pengelola Lapas Labuhan Ruku juga terus meningkatkan pencegahan penyebaran virus corona di kawasan Lapas. Menyiapkan protokol kesehatan, westafle, penyemprotan disinfektan ke ruangan tahanan.

"Kita dianjurkan agar tidak bersalaman dan mulai tanggal 17 Maret 2020 tidak diberlakukan kunjungan terhadap tahanan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Terhadap mereka yang dibebaskan sudah dilakukan pengecekan kesehatan," ujarnya. (SUSI)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C