Log in
BPKD_Pemkab_Aceh_Selatan.jpg

Cabdisdik Gunung Tua Buka PPDB Secara Online untuk SMA dan SMK

Kepala Dinas Pendidikan Sumut Cabang Gunung Tua, Maradoli Hasibuan SSos Kepala Dinas Pendidikan Sumut Cabang Gunung Tua, Maradoli Hasibuan SSos

Sibuhuan-andalas Pendaftaran secara online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) se-Sumatera Utara untuk jenjang SMA dan SMK Negeri Dinas Pendidikan Provinsi Sumut melalui Cabang Dinas Pendidikan Gunung Tua untuk tahun pelajaran 2020/2021 dimulai Selasa (26/5) dilakukan secara bertahap.

Untuk seleksi PPDB tahun 2020 ini panitia meniadakan sistem seleksi tatap muka yang sebelumnya dilakukan untuk jalur seleksi prestasi dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Demikian disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provsu Gunung Tua, Maradoli Hasibuan SSos, Kamis (28/5) di Sibuhuan. "Pendaftaran bagi siswa baru sudah dimulai Selasa (26/5) di setiap sekolah SMA dan SMK Negeri secara online untuk wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dan Padang Lawas (Palas).

Kata Maradoli, PPDB onlilne dilaksanakan bertujuan untuk menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong peningkatan akses dan mutu layanan pendidikan.

Seluruh proses pendaftaran dan seleksi,lanjut dia, tidak dikenakan biaya apapun tetapi gratis. Dia mengimbau, masyarakat untuk tidak mempercayai pihak yang menawarkan jasa atau menjanjikan kelulusan masuk SMA dan SMK Negeri.

Para calon perserta didik baru dapat mengakses informasi dan syarat pendaftaran.melakui https://ppdb.disdik.sumutprov.go.id. secara online

Mardoli menambahkan, pendaftaran PPDB online dilaksanakan melaui empat jalur yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua atau wali dan anak guru setempat dan jalur prestasi akademik dan prestasi non akademik.

“Jalur zonasi paling sedikit 50 persen dari daya tampung Sekolah. Untuk jalur afirmasi paling sedikit 15 persen dari daya tampung Sekolah,"katanya.

Sementara untuk jalur perpindahan tugas orang tua atau wali dan  anak guru setempat paling banyak 5 persen dari daya tampung sekolah, serta jalur prestasi akademik dan non akademik maksimal 30 persen.

Waktu pendaftaran PPDB Online bagi SMA dan SMK Negeri  terdiri atas dua gelombang pertama untuk jalur Prestasi Akademik dan Non Akademik dan jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali dan Anak Guru serta Jalur Afirmasi dimulai 26 Mei sampai 8 Juni 2020.

Selanjutnya untuk gelombang kedua dimulai 19 sampai 27 Juni 2020 bagi  pendaftaran Peserta Khusus Jalur Zonasi.

Maradoli menambahkan, jika ada siswa yang tidak lulus pada gelombang pertama, maka  bisa kembali mencoba mendaftar digelimbang kedua untuk jalur zonasi.

Adapun pendaftaran Jalur Prestasi Akademik dan Non Akademik, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali dan/atau Anak Guru, dan Jalur Afirmasi dilaksanakan dalam 3 kelompok berdasarkan kabupaten/kota wilayah kerja Cabang Dinas Pendidikan Gunung Tua.

Untuk tahap pertama, empat hari kerja dimulai 26 sampai 29 Mei 2020, meliputi wilayah Kabupaten Padang Lawas (Palas) dan Padang Lawas Utara (Paluta) dan Cabdis Humbang Hasundutan meliputi Kabupaten Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara.

Tahap kedua, empat hari kerja dimulai pada 30 Mei-2 Juni 2020 dibuka untuk pendaftaran wilayah kerja Cabdis Balige (Kabupaten Toba Samosir dan Samosir), Cabdis Rantauprapat (Kabupaten Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan), Cabdis Kisaran (Kabupaten Asahan dan Batubara), Cabdis Tanjung Balai (Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Labuhan Batu Utara), Cabdis Siantar (Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun).(ISN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C