Log in

Bupati Tobasa Hadiri Rembuk Tani

Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan Jerry Silaen membuka acara rembuk tani. Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan Jerry Silaen membuka acara rembuk tani.

Tobasa-andalas Rembuk Tani di Desa Gurgur Aekraja, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) berlangsung aktraktif. Sebanyak 6 Kelompok Tani (Koptan) yang hadir saling tukar informasi tentang pertanian yang dikelola masing masing koptan.

Bupati Tobasa Darwin Siagian hadir pada rembuk tani tersebut dan dalam kesempatan itu. Bupati meminta seluruh Ketua Koptan untuk menyampaikan keluhan dan kebutuhannya, bagaimana supaya produksi pertanian yang dikelola para koptan meningkat dan mampu mengangkat derajat  perekonomian masing-masing anggota koptan.

Bupati hadir didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sahat Manullang, Kepala Dinas Ketapang Darwin Sianipar, Sekretaris Dinas Pertanian Jerry Silaen dan penyuluh pertanian Kecamatan Tampahan.

Atas kesempatan yang diberikan Bupati, Ketua Koptan Makmur, Barita Samosir mengaku bantuan pemerintah yang mereka terima sudah lumayan banyak. Tetapi oleh karena tanamam kopi mereka sudah butuh peremajaan, maka Barita meminta bantuan bibit kopi, bibit kentang, jagung, sayuran seperti bunga kol.

Ketua Koptan Sejati, Anton Rajagukguk meminta bantuan Cultivator dan alat berat untuk membuka jalan di sekitar lahan pertaniannya, sehingga mereka tidak kesulitan lagi mengangkut hasil pertaniannya.

Ketua Koptan Lagundi meminta bantuan bibit kopi, sayuran dan jeruk. Demikian juga ketua koptan lainnya, meminta bantuan sesuai kebutuhan masing-masing.

Menanggapi permintaan Ketua Koptan Makmur, Bupati Darwin mengatakan akan memberikan bibit yang dimintakan. Kepada Koptan Patogu, atas persetujuan Bupati, Dinas Pertanian akan membantu 1 unit handtraktor.

Demikian halnya kepada Koptan Sejati, akan diberikan bantuan Cultivator dan alat berat untuk membuka jalan menuju lahan pertanian koptan akan diturunkan Dinas Pertanian bulan agustus mendatang.

Sementara bagi Koptan Lagundi akan diberikan bantuan bibit kopi dan jeruk. Namun khusus bibit jeruk, tidak sepenuhnya bisa dipenuhi sesuai jumlah yang dimintakan. Ketua Koptan Lagundi meminta 1.800 batang, namun Bupati hanya bisa menyanggupi sebagian akibat keterbatasan APBD Tobasa. (EDU)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px