Log in

Bupati Tobasa Darwin Siagian: Loka POM Sangat Mendukung Tobasa Sebagai Tujuan Wisata

TINJAU - Bupati Darwin Siagian, Kepala Loka POM Ashadi dan lainnya saat meninjau ruangan kantor Loka POM di Balige Tobasa. TINJAU - Bupati Darwin Siagian, Kepala Loka POM Ashadi dan lainnya saat meninjau ruangan kantor Loka POM di Balige Tobasa.

Tobasa,Sumatera Utara-andalas Sebagai perpanjangan tangan Badan POM RI di daerah, Kantor Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) diresmikan di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) oleh Bupati Darwin Siagian, di Balai Desa Balige, Rabu (19/9).

Kepala Loka POM Ashadi mengatakan, pembentukan dan peresmian adalah merupakan tindaklanjut dari Peraturan Badan POM RI, yang mengamanatkan pembentukan 40 Loka POM di Indonesia. Salah satu diantaranya di Balige Kabupaten Tobasa.

Visi misinya untuk mendekatkan Badan POM RI kepada masyarakat, melakukan inspeksi dan sertifikasi sarana/fasilitas produksi maupun distribusi obat dan makanan dan menyertifikasi produk serta menguji obat dan makanan dengan mengambil sampel sehingga terjamin untuk di konsumsi. "Area kerja kami, Kabupaten Tobasa, Samosir, Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara," katanya

Mewakili masyarakat, Pak Tambunan mengaku senang Loka POM dibentuk di daerahnya. Dengan adanya Loka POM di Balige, diharapkan tidak ada lagi makanan yang mengandung zat berbahaya beredar di pasaran. Untuk itu, pihaknya dalam kapasitasnya sebagai warga masyarakat akan mendukung kinerja Loka POM di daerahnya.

"Kalau bisa bolehlah bekerja mulai besok," katanya disambut tawa dan aplaus hadirin.

Bupati Darwin Siagian mengatakan, kehadiran Loka POM di daerahnya sangat mendukung daerahnya sebagai tujuan wisata. Karena dengan kehadiran Loka POM, produk makanan yang diperjualbelikan di daerahnya secara khusus terawasi dengan baik sehingga bersih dan sehat untuk di konsumsi pembeli.

Dikatakan, produk unggulan daerahnya seperti andaliman yang sudah dikemas dalam bentuk bubuk juga akan diteliti. Demikian juga makanan tradisonal seperti Hare, tipa tipa dan lainnya supaya memiliki sertifikat dan bisa di edarkan di mall - mall atau super market.

"Jadi, produk unggulan Tobasa kita harapkan juga ikut diteliti / diperiksa supaya bisa memiliki sertifikat sehingga bisa kita pasarkan di mall atau super market. Selama ini kita belum pasarkan karena itu, sertifikatnya belum ada. Kalau bisa MUI juga dilibatkan," katanya.

Usai sambutan, Bupati Darwin Siagian disaksikan Kepala Loka POM Ashadi, perwakilan Polres Tobasa, Kejaksaan, perwakilan Kabupaten Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara dan undangan lainnya membuka selubung plank dan meninjau kantor Loka POM yang dulunya Kantor KPUD Tobasa. (edu)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 8.05 km/h

  • 23 Oct 2018 27°C 22°C
  • 24 Oct 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px