Log in

Bupati Taput Minta Jajaranya Budayakan Gotong Royong

Bupati Taput Nikson Nababan memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional di halaman Kantor Bupati Taput, Senin (17/2). Bupati Taput Nikson Nababan memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional di halaman Kantor Bupati Taput, Senin (17/2).

Tarutung-andalas Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan memerintahkan seluruh jajarannya agar semua laporan keuangan dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) harus diperbaiki. Selain itu, semua tahapan program pembangunan harus diselesaikan dengan baik.

"Saya tidak mau Tapanuli Utara ini dianggap tidak kompeten, aparatnya dianggap tidak kompeten hanya karena laporan tidak dilakukan dengan baik dan dilaporkan pada atasan," kata Nikson Nababan saat memimpin Upacara Kesadaran Nasional di halaman kantor bupati setempat, Senin (17/2).

Dikatakannya, setiap pimpinan instansi pemerintah wajib melakukan evaluasi atas implementasi SAKIP di lingkungannya setiap tahun. Hasil evaluasi digunakan untuk memperbaiki manajemen kinerja khususnya kinerja pelayanan publik di instansinya secara berkelanjutan.

"Jadi fokus kerjakan itu, karena semua yang dilakukan dengan baik dan pro rakyat akan dianggap tidak ada apabila tidak dilaporkan kepada pemerintah atasan," ujar Nikson.

Nikson juga menyampaikan tentang kegiatan gotong royong sebagai kearifan lokal hanya Kabupaten Tapanuli Utara yang selalu melakukannya setiap minggu. "Saya mau ini diperluas dan semua lini, baik itu kantor kantor, sekolah sekolah maupun kalangan masyarakat," pintanya.

Sesudah gotong royong, lanjutnya, wajib menanam pohon berbuah untuk penghijauan dan menjaga keasrian lingkungan. "Ini juga hal yang positif bagi anak didik kita. Menanamkan budaya gotong royong, kepedulian, kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah. Dengan budaya gotong royong akan terbentuk karakter mencintai lingkungan," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati memerintahkan Dinas PMD untuk membudayakan gotong royong ke semua desa melalui kepala desa, dan pengadaan bibit pohon berbuah di Dinas Lingkungan Hidup.

"Ini akan kita nikmati bukan saat ini, tapi ke depan Kabupaten Tapanuli Utara akan hijau, asri dan menghasilkan buah buah. Setiap dinas dan kantor untuk tetap membudayakan kebersihan dan penanaman pohon, sehingga Taput memiliki ciri khas," ucapnya.

Selain itu, Bupati juga menghimbau jajarannya untuk selalu memvudayakan slogan 3 S (Senyum Salam Sapa) kepada masyarakat karena dengan itu akan terbentuk karakter generasi yang baik, mencintai sesama dan peka terhadap lingkungan, juga setiap kantor harus terbuka kepada pelayanan masyarakat dengan menyediakan kursi dan meja tamu untuk melayani masyarakat.

"Saya mau lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara adalah pemerintahan yang solid dan kuat. Bekerja dengan baik dan fokus. Bagi PNS yang memiliki eselon, wajib hukumnya mampu mengoperasikan komputer, khususnya laptop sehingga kita bisa lebih cepat dan fokus melayani masyarakat. Laksanakan semua tugas dengan baik, selamat bekerja," pungkasnya. (HOT)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px