Log in

Bupati Rapidin : Penulisan Berita Jangan Tendensius

BERSAMA - Bupati Rapidin Simbolon diabadikan bersama pengurus DPD IWO Samosir dan DPW IWO Sumut, usai prosesi pelantikan. BERSAMA - Bupati Rapidin Simbolon diabadikan bersama pengurus DPD IWO Samosir dan DPW IWO Sumut, usai prosesi pelantikan.

Pengurus IWO Kabupaten Samosir Dilantik

Samosir,Sumatera Utara-andalas Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengaku, wartawan bertugas di Samosir masih on the track, sebab masih mengedapankan prinsip Dalihan Na Tolu. "Jurnalis bertugas di daerah ini mayoritas putra daerah, tentu sangat memahami budaya dan adat istiadat yang berlaku,"kata Rapidin saat menyampaikan sambutan pelantikan pengurus IWO Kabupaten Samosir periode 2018-2023 di Aula Hotel Dainang, Selasa (18/9).

Dia berpesan dalam menulis berita, baik pada media online maupun cetak tidak didasari tendensius terhadap Bupati, Wakil Bupati maupun OPD. Ada judul berita pelaksanaan Samosir Music Internasional menguras APBD, padahal sekitar 12 ribu pengunjung memadati Open Stage Tuktuk Siadong. Ada lagi yang memberitakan tentang sesuatu yang sangat menyeramkan di objek wisata Pasir Putih Parbaba."Pemberitaan seperti ini bisa berdampak menurunnya wisatawan berkunjung ke daerah ini,"katanya.

Suami Sorta Ertaty Siahaan ini menginstruksikan OPD melibatkan wartawan dalam pelaksanaan event Pariwisata. Karena perwakilan media baik cetak, online dan elektronik sudah ada di daerah ini. "Saat konferensi pers dilaksanakan Dinas Pariwisata di Medan tentang pelakaanaan Samosir Music Internasional, saya minta Kadis Pariwisata melaksanakan hal yang sama di Samosir. Ke depan dilibatkanlah wartawan di Samosir,"ujarnya berseloroh.

Rapidin mengharapkan agar seluruh unsur Pemkab Samosir dapat meningkatkan sinergisitas dengan para jurnalis umumnya dan IWO Samosir khususnya, dalam membangun Kabupaten Samosir dalam memperkenalkan keindahan pariwisata Danau Toba di mata dunia.

Sementara itu, Ketua DPW IWO Sumut, Mei Leandha mengungkapkan rasa syukur atas dilantiknya DPD IWO Kabupaten  Samosir. Dengan dilantiknya IWO di Samosir, diharapkan ke depan dapat melahirkan jurnalis profesional dan mampu menghasilkan produk jurnalistik yang berimbang, kredibel, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sebelumnya, Ketua DPD IWO Kabupaten Samosir, Fernando Sitanggang mengatakan, hari ini merupakan hari bersejarah bagi Samosir dan jurnalis yang ada di Samosir, sebab IWO Kabupaten Samosir telah resmi dilantik."Dengan hadirnya IWO di Samosir, menjadi titik awal lahirnya jurnalis profesional di negeri kepingan surga ini. Sebab, jika sudah profesional dan membangun, tentu jurnalis akan bermanfaat bagi Samosir sendiri,"katanya.

Usai dilantik, DPD IWO Kabupaten Samosir tak lupa untuk berbagi terhadap sesama. Hal itu dilakukan DPD IWO Kabupaten Samosir dengan memberikan piagam penghargaan serta bantuan tali asih kepada dua petugas kebersihan atau yang mereka sebut 'Tim Oranye', terbaik di Samosir dalam kontribusinya menjaga kebersihan kawasan wisata di Samosir. (HN)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 8.05 km/h

  • 23 Oct 2018 27°C 22°C
  • 24 Oct 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px