Log in
BPKD_Pemkab_Aceh_Selatan.jpg

Bupati Nikson Nababan Minta BLT Disisihkan untuk Modal Usaha

 Bupati Nikson Nababan melaunching Bantuan Lansung Tunai (BLT) Kelurahan yang bersumber dari APBD Kabupaten Tapanuli Utara, di halaman Rumah Dinas Bupati, Tarutung, Sabtu (30/5) Bupati Nikson Nababan melaunching Bantuan Lansung Tunai (BLT) Kelurahan yang bersumber dari APBD Kabupaten Tapanuli Utara, di halaman Rumah Dinas Bupati, Tarutung, Sabtu (30/5)

Tarutung-andalas Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, MSi bersama Dandim 0210/TU Rony Agus Widodo, Kajari Tatang Darmi, Wakapolres Taput Mukmin Rambe, didampingi Asisten I Parsaoran Hutagalung dan Kadis Sosial Irwan Hutabarat serta beberapa pimpinan OPD launching Bantuan Lansung Tunai (BLT) Kelurahan yang bersumber dari APBD Kabupaten Tapanuli Utara, di halaman Rumah Dinas Bupati, Tarutung, Sabtu (30/5).

Pada kesempatan ini, Bupati bersama Forkopimda yang hadir menyerahkan langsung BLT sebesar Rp600.000,- kepada warga dari 4 Kelurahan, yaitu Kecamatan Tarutung: Kelurahan Hutatoruan V, Kelurahan Hutatoruan VI, Kelurahan Hutatoruan IX dan Kelurahan Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon. Penyaluran BLT kepada warga 4 kelurahan ini diatur sedemikian rupa untuk menghindari kerumunan masyarakat.

"Momen saat ini mengajak kita untuk lebih mengucapkan terima kasih kepada Tuhan serta berdoa meminta hikmat dan kebijaksanaan. Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah tidak tidur, semua kerja keras menghadapi masa pandemi corona ini, yaitu mengatasi korban terpapar covid-19, masyarakat korban terdampak perekononiannya serta dampak sosial. Bantuan ini bukan untuk seterusnya, ini sifatnya stimulan akibat pandemi sebagai penambah semangat," ucap Bupati.

Bupati minta agar para penerima BLT mampu menyisihkan sebagian dana tersebut sebagai modal usaha walupun secara kecil-kecilan. "Bagi saya, yang penting masyarakat Taput sedikit merasa terbantu dalam situasi pandemi Covid-19 ini, banyak warga terdampak yang tadinya punya penghasilan besar tetapi sama sekali tidak ada lagi akibat aturan yang kita buat dalam penanganan Covid-19 ini,"ujarnya.

Bupati berharap BLT ini dapat disisihkan sebagai modal usaha bisa dengan beternak beberapa ekor ayam atau bebek ataupun modal untuk berladang dipekarangan. Walaupun usaha kecil-kecilan paling tidak kita bisa antisipasi kebutuhan pangan kita sendiri. "Silahkan warga membuat kolam budidaya ikan, saya pastikan alat berat kita akan turun untuk mencetak kolam termasuk akan diberikan bibit ikan," tambah Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menjelaskan gambaran umum 'New Normal'. "Saat ini kita sedang mempersiapkan membuka beberapa sarana umum secara bertahap sebagai persiapan Tatanan Baru atau 'New Normal' dimana kehidupan kita diatur dengan protokol kesehatan. Artinya kita harus siap berdamai dengan corona. Kita wajib pakai masker, jaga jarak, jangan berkerumun dan beberapa aturan pola hidup bersih dan sehat. Belum ada ditemukan vaksin untuk atasi corona ini, salah satu obatnya adalah disiplin diri kita sendiri,"jelas bupati.

Terkait belum semua BLT disalurkan seperti BLT Dana Desa yang tidak bisa langsung dibagikan, kata Bupati, itu harus dimaklumi karena ada tahapan yang harus diikuti termasuk menjaga agar tidak ada tumpang tindih data. "Kita juga sedang menunggu pergantian dan perubahan nama penerima BLT dari Pemerintah Pusat, saya minta masyarakat mampu sedikit bersabar,"katanya.

Dandim 0210/TU Letkol CZI Rony Agus Widodo berpesan agar bantuan ini tepat sasaran. "Manfaatkan dengan baik bantuan ini. Kepada seluruh Lurah, manfaat bantuan ini harus tepat sasaran sehingga tidak menimbulkan konflik agar keamanan tetap terjaga", ujar Dandim.

Dalam laporan Kadis Sosial Taput Irwan Hutabarat mengatakan, total jumlah penerima sebanyak 1.458 KK dari 11 kelurahan se-Tapanuli Utara. "Sesuai ketetapan Bapak Bupati bahwa masyarakat miskin diluar penerima PKH diberikan bantuan yang bersumber dari APBD Kabupaten, termasuk juga kepada warga yang perekonomiannya terdampak dari masa pandemi ini. Penyaluran BLT untuk 11 Kelurahan ini dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut mulai hari ini untuk 4 kelurahan, besok bagi warga kelurahan Siborong-borong, Hari Senin kembali di Kecamatan Tarutung, Selasa di Kelurahan Onan Hasang dan Kelurahan Sarulla," ujar Irwan Hutabarat.

Salah seorang warga penerima bantuan, menyampaikan rasa syukur."Terima kasih atas kebijaksanaan pak bupati dalam memimpin kami, memberikan perhatian dalam membantu masyarakat yang miskin dan juga yang terdampak perekonomiannya saat ini. Semoga bapak sehat dan kuat salalu. Kami sangat senang bisa ikut serta menerima bantuan ini," demikian terjemahan ucapan lansia warga Kelurahan Hutatoruan IX dalam bahasa daerah.(HOT)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C