Log in

Bupati Karo: Siaga Darurat Covid-19 Diperpanjang

Bupati Karo Terkelin Brahmana sedang memberikan keterangan kepada pers disaksikan Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Ketua Gusta Martin Sitepu, Kadis Kesehatan Irna Safrina Meliala, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan Bupati Karo Terkelin Brahmana sedang memberikan keterangan kepada pers disaksikan Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Ketua Gusta Martin Sitepu, Kadis Kesehatan Irna Safrina Meliala, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan

Kabanjahe-andalas Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan, pihaknya akan memperpanjang siaga darurat bencana non-alam wabah virus corona atau Covid-19 di wilayah Kabupaten Karo, yang sebelumnya ditetapkan hingga, Selasa (31/3).

Penegasan ini disampaikan Bupati Karo Terkelin Brahmana kepada pers disaksikan Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Ketua Gusta Ir Martin Sitepu, Kadis kesehatan Irna Safrina Meliala, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, saat berada lobi kantor Bupati Karo, Kabanjahe, Senin (30/3).

Terkelin Brahmana menjelaskan, pemerintah saat ini terus berupaya bekerja semaksimal mungkin menekan dan melawan penyebaran Covid-19. Pemerintah pusat sudah mengevaluasi tim Gugus Tugas yang sudah terbentuk selama ini, baik tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

Hasil evaluasi, karena tidak efektif dan efisien sehingga telah diputuskan dengan keluarnya Kepres No 9 tahun 2020 dan turunan Surat Edaran Mendagri No 440/2622/SJ tanggal 29 Maret 2020 menyatakan ketua Gugus Tugas di provinsi dijabat gubernur, di kabupaten/kota dijabat bupati/wali kota dan wakil ketua dijabat setingkat dandim dan kapolres.

“Yang jelas dalam stuasi saat ini, kesadaran masyarakat tentang persoalan ini sangat penting. Karena di antara masyarakat masih ada yang melalaikan imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona," kata Bupati.

Dikatakan, untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, Pemerintah Kabupaten Karo juga semakin gencar melakukan sosialisasi secara mobile di seluruh wilayah daerah itu dan kegiatan-kegiatan promotif lainnya.

Menyinggung karantina wilayah, Bupati Karo mengaku, saat ini belum terpikir sampai kesana. "Belum, belum ya. Himbauan yang selama ini telah disampaikan kepada masyarakat seperti social distancing dan phsycal distancing serta tetap di rumah, itu saja dulu dipatuhi. Upaya ini jalan terbaik memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ujar Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati Karo meminta Pers dapat menyajikan informasi yang sejuk terkait pemberitaan wabah virus corona. "Pemberitaan yang benar dan menyejukkan itu penting untuk menciptakan kondusifitas di tengah-tengah masyarakat. Sebagai Pers yang profesional dan bertanggung jawab, saya berharap lebih jeli menyajikan sebuah informasi apalagi terkait Covid-19,” ajak Bupati.

Hal berbeda dikatakan Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan. Dia meminta tim gugus yang baru dapat lebih menajamkan reaksinya dalam menghempang penyebaran Covid 19. “Jangan anggap sepele, jangan menganggap daerah kita aman-aman saja, sehingga kita lalai, kewaspadaan harus lebih ditingkatkan,” tegasnya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo Martin Sitepu membenarkan bahwa perombakan struktur Gugus Tugas di daerah yang akan dijabat oleh Bupati, di provinsi dijabat gubernur.

Perombakan ini, instruksi dari Mendagri terkait keluarnya Keppres 9 tahun 2020 pengganti Keppres 7 tahun 2020 sebelumnya, Nah tentu kita patuhi dan taat aturan. Tujuannya supaya mempermudah tingkat koordinasi dengan Forkopimda," kata Matrin Sitepu. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C