Log in

Bupati Karo Resmikan Karo Command Centre

Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang mengunting pita peremian fasilitas Karo Command Centre di lantai satu Kantor Bupati Karo, Kamis (7/11). Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang mengunting pita peremian fasilitas Karo Command Centre di lantai satu Kantor Bupati Karo, Kamis (7/11).

Wujudkan Kabupaten Smart City

Kabanjahe-andalas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo kembali membuktikan komitmennya untuk mewujudkan Kabupaten Karo sebagai Smart City. Kali ini, Pemkab Karo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengeluarkan terobosan terbaru dengan melaunching Karo Command Centre (KCC).

Fasilitas KCC adalah pusat monitoring dan controlling serta komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Karo dalam memberikan pelayanan yang transparan kepada masyarakat. Karo Command Centre yang berada di lantai satu Kantor Bupati Karo itu, diresmikan Bupati Terkelin Brahmana SH didampingi Wakil Bupati Cory S Sebayang, Kamis (7/11).

Dalam sambutannya, Terkelin Brahmana menjelaskan, terobosan inovatif Pemkab Karo ini adalah bagian dari wujud komitmen dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan transparan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan dan meningkatkan sistem administrasi pemerintahan dan pelayanan yang semakin berkualitas kepada masyarakat atau elektronik government (e-gov) dan sekarang disebut dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), sesuai amanah peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018, paparnya.

Lebih lanjut disampaikan, Karo Command Center merupakan “dapur monitoring” dilengkapi infrastruktur berbasis IT, data dan sistem informasi yang terintegrasi dalam data center untuk mendukung pengambilan keputusan, monitoring, koordinasi dan mengontrol seluruh tindakan yang diperlukan sebagai respon terhadap segala permasalahan, tindakan tanggap darurat, action plan untuk perbaikan dan pemulihan serta langkah penyediaan informasi publik.

Terkelin Brahmana meminta KCC dapat dijaga dan difungsikan dengan benar serta dioptimalkan pemanfaatannya, sehingga bermanfaat dan memberikan dampak positif  bagi kemajuan pembangunan Kabupaten Karo, sekaligus untuk menyerap aspirasi masyarakat serta mengevaluasi kinerja OPD terkait se jajaran Pemkab Karo.

Lebih jauh Terkelin Brahmana menuturkan, ruangan KCC membantu kinerja pemerintah juga harus dapat menghadirkan kemudahan bagi masyarakat serta menyerap aspirasi ataupun komplain masyarakat. “Sehingga kita dapat memperbaiki dan mengevaluasi kinerja kita untuk menjadi semakin baik lagi.” jelasnya.

Jauh sebelumnya, Pemkab Karo juga telah menggunakan, e-planning dan e-Musrenbang, sistem penganggaran dengan menggunakan simda keuangan dan e-budgeting, layanan sistem pengadaan secara elektronik atau LPSE, sistem Informasi manjemen kinerja pegawai atau e-performance.

Selanjutnya, sistem informasi manajemen absensi pegawai atau e-absensi, sistem pelaporan masyarakat secara elektronik atau e-lapor, sistem pelayanan perizinan secara elektronik dengan menggunakan aplikasi si-cantik dan layanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik dengan seluruh Kementerian /Lembaga Negara atau Dikenal Dengan Online single submission (OSS).

Sementara Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Karo Drs Jhonson Tarigan, menjelaskan, KCC dilengkapi ruang server terpadu dengan generator cadangan untuk kebutuhan daya listrik darurat serta ruang display yang sesuai dengan teknologi terkini, jelasnya.

Bupati Karo merasa puas ketika Karo Command Centre diuji coba telecofrence kepada Camat Tiga Panah Data Martina Br Ginting dan Camat Berastagi Mirton Ketaren, dan diadakan dialog disaksikan Wakil Bupati Cory Sebayang, Sekda Karo Kamperas Terkelin Purba, Asisten Administrasi Mulianta Tarigan, staf ahli Bupati Mulia Barus, Kepala BKKBN Seruan Sembiring, Kalak BPBD Karo Martin Sitepu, Hasnul Rangkuti Kepala Telkom Solution Regional Sumatera serta Samsul Anwar Tarigan Kepala Telkom Kabanjahe. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px