Log in

Bupati Karo : PT Tirta Sibayakindo Berastagi Layak Pilot Project Pencegahan Covid

 Bupati Terkelin Brahmana mendengar penjelasan Manajer PT Tirta Sibayakindo Esron Siringo Ringo penerapan protokol Covid-19 secara ketat di lokasi pabrik.(andalas/robert tarigan) Bupati Terkelin Brahmana mendengar penjelasan Manajer PT Tirta Sibayakindo Esron Siringo Ringo penerapan protokol Covid-19 secara ketat di lokasi pabrik.(andalas/robert tarigan)

Berastagi-andalas Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH memuji PT Tirta Sibayakindo (Danone Aqua Group) Berastagi, yang menjalankan secara ketat protokol kesehatan. Bahkan menurut bupati, PT Tirta Sibayakindo layak menjadi pilot project bagi perusahaan lainnya di Kabupaten Karo dalam pencegahan dan memutus penularan penyebaran Covid-19.

Pemkab Karo memonitoring berbagai perusahan untuk melihat dan memastikan bagaimana perusahaan mengimplementasikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Hal itu diungkapkan Bupati Karo Terkelin Brahmana saat monitoring ke PT Tirta Sibayakindo dalam penerapan Protokol Kesehatan Covid-19, jelang masa transisi menuju fase new normal, Kamis (02/07/2020) di perusahaan multinasional itu.

Turut hadir mendampingi Bupati Karo, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, Kabid Logistik BPBD Natanael Peranginangin dan Camat Berastagi Mirton Ketaren.
Setelah melihat secara langsung dan mendengar pemaparan Manajer PT Tirta Sibayakindo Esron Siringo Ringo, Bupati Karo mengapresiasi komitmen perusahaan yang bergerak dalam usaha air minum dalam kemasan (AMDK) tersebut dengan harapan dunia usaha tetap jalan agar perekonomian di Kabupaten Karo tetap normal.

"Kami juga sangat senang kalau semua perusahaan sudah menekankan protokol covid-19 dengan benar. Sehingga upaya support Pemkab Karo dan Tim Gugus Tugas dalam penyekatan kluster untuk mengurangi penyebaran Covid-19 berjalan dengan baik. Sesuai dengan harapan agar perusahaan aman, pengusaha senang dan pekerja tenang,"ungkapnya.

Bagus, tadi saya praktikkan langsung, begitu hendak mau masuk, ada brosur informasi untuk dibaca dengan arahan, cuci tangan, pakai sanitizer, periksa suhu tubuh, jaga jarak, pakai masker. "Protap inilah harus dilaui, termasuk saya sendiri juga,"kata Terkelin Brahmana.

Setelah cuci tangan, dan periksa suhu tubuh, tidak serta merta bebas masuk begitu saja, ternyata pihak perusahan, menyediakan jalur akses steril lingkup lintas jalan kaki, sebagai sarana menuju ke ruangan perusahaan. "Hal ini untuk antisipasi dan pengetatan pencegahan penyebaran virus Covid-19,"tuturnya.

Meskipun begitu, lanjut Terkelin, masih ada bilik ruangan sterilisasi, seperti ruangan pengelolaan pengisian air aqua ke dalam sejumlah kemasan, tetap masih dilakukan protokol kesehatan, sehingga dihitung hitung ada 2-3 kali cuci tangan, ini langkah penerapan luar biasa, apalagi jelang fase new normal life yang sedang dipersiapkan.

“PT Tirta Sibayakindo merupakan perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) yang dikonsumsi banyak orang. Jadi, harus betul-betul, steril dan wajib melaksanakan protokol kesehatan secara ketat,”tegas Bupati Terkelin Brahmana.

Sebelumnya, Manajer Stakeholder Regional Sumatera Utara Wirnos melalui Manajer PT Tirta Sibayakindo Esron Siringo Ringo mengapresiasi kunjungan Pemkab Karo dan Tim Gugus Tugas Kabupaten Karo ke perusahaannya. Kunjungan yang kedua selama masa pandemi Covid-19 ini, mengikuti protap protokol kesehatan sebagai syarat SOP, masuk ke dalam perusahaan PT Tirta Sibayakindo.

Pihaknya menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Karyawan yang bekerja tetap menjalankan protokol covid, jaga jarak, maupun masuk keruangan bilik pengisian air mineral aqua ke botol, tetap juga cuci tangan, pakai hand sanitizer, semua ini proses penerapan protap Protokol kesehatan, secara wajib dilakukan setiap orang tanpa terkecuali.

Setiap karyawan dan pihak yang bekerja di areal pabrik sebelum memasuki pabrik harus menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjalani pengukuran suhu tubuh, dan penyemprotan disinfektan pada sepatu. Selama berada di dalam pabrik para personel pun harus selalu menjaga jarak. “Dari mulai datang ke pabrik, di pos security kita sudah mulai dicek suhu tubuh dengan termo gun, sudah disiapkan di sana. Kemudian alat-alatnya sudah siap,” katanya.

Sementara Plh GTPP Covid-19, Ir Martin Sitepu dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna Safrina Meliala MKes juga memuji PT Aqua Sibayakindo Berastagi yang telah menjalankan protokol kesehatan secara ketat. “Perusahaan ini sudah mengimplementasikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, sesuai Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: Hk.01.07/Menkes/328/2020 tanggal 20 Mei,” jelas Irna. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C