Log in

Bupati Karo Jenguk Supir Dinas Opname DBD di RSU Kabanjahe

 Bupati Terkelin Brahmana menyaksikan dr Suara Ginting SpPD memberikan penjelasan hasil analisa dokter terkait penyakit DBD diderita supir pribadinya. Andalas/robert tarigan Bupati Terkelin Brahmana menyaksikan dr Suara Ginting SpPD memberikan penjelasan hasil analisa dokter terkait penyakit DBD diderita supir pribadinya. Andalas/robert tarigan

Kabanjahe-andalas Di tengah kesibukannya selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, kembali meninjau pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabanjahe, Jumat sore (22/5). Kesiapan harus oke dan optimal, baik Alat Perlindungan Diri (APD) perawat dan tim medis, ruangan dan fasilitas medis standar pelayanan harus benar-benar siap setiap saat.

Harapan kami kepada paramedis RSU Kabanjahe, jangan panik dalam menghadapi covid 19, tim medis sebagai garda terdepan harus mempunyai motivasi dan semangat yang tinggi dalam menghadapi covid 19 ini, katanya kepada Kepala Tata Usaha RSU Kabanjahe Agnes Hiasanta Br Tarigan, S. Km yang juga Plh Direktur RSU Kabanjahe.

Dalam kesempatan itu, Terkelin Brahmana juga menyempatkan diri menjenguk “orang dekat” supir dinasnya, Timbul Ketaren, yang sedang mengalami perawatan karena penyakit demam berdarah (DBD). Disaat bersamaan kedatangan Bupati Karo, dr. Suara Ginting, Sp.PD juga mau memeriksa pasien di ruang kelas itu.

Dr. Suara Ginting, Sp.PD yang belum lama ini dilantik dan ditetapkan sebagai dokter ahli utama Spesialis Penyakit Dalam pada RSU Kabanjahe, menjelaskan berdasarkan hasil dari cek darah dan ronsen, ini menunjukkan angka komponen darah yang dibutuhkan untuk mendiagnosis, seperti trombosit, plasma, dan hematokrit. “Artinya ini jelas positif penyakit demam berdarah (DBD), banyak minum air putih, dan makan buah maupun sop,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Terkelin Brahmana pun mengingatkan warganya, jika pencegahan Covid-19 adalah tanggung jawab bersama. "Jadi bukan hanya dokter dan perawat saja. Tapi kita semua," kata Bupati.

Orang nomor satu di Kabupaten Karo inipun meminta agar warganya tetap menjaga kesehatan. "Terapkan perilaku hidup sehat, jaga jarak, perbanyak cuci tangan, dan sering olahraga," tegasnya.

Masyarakat harus tetap waspada terhadap ancaman virus corona. Namun tidak perlu takut dan panik terhadap penyebarannya asal tetap menjalankan protokol kesehatan. “Pemerintah Kabupaten Karo dan Gugus Tugas terus meningkatkan pemahaman masyarakat atas pencegahan virus corona,” imbuhnya.

“Karena hingga hari ini, belum ada vaksin dan obat untuk melawan penyakit pernapasan ini, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan antisipasi diri, yakni dengan memakai masker maupun disiplin mematuhi protokol kesehatan,” kata Bupati Karo. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C