Log in

Bupati Karo Ingatkan ASN Kedepankan Fungsi


Berastagi-andalas Bupati Karo Terkelin Brahmana mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk menjadi pemersatu bangsa. Sebab, selain sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, ASN juga memiliki fungsi strategis sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

Bupati Karo juga menegaskan pentingnya bersikap profesional serta menguasai dan menyadari dengan baik fungsi masing-masing, dan jangan mengedepankan kewenangan karena yang akan muncul adalah sikap arogan, sedangkan kalau yang dikedepankan fungsi maka yang muncul adalah sinergitas dan dukungan pada pihak lain.

Hal itu diungkapkan Bupati Karo usai membuka rapat Forum Lintas Perangkat Daerah untuk penyusunan RKPD tahun 2020 di Convention Hotel Grand Orri, Berastagi, Kamis (27/2) petang, sebelum berangkat ke Bali.

Dikatakan Bupati, peran ASN di era saat ini sangat penting untuk memberikan pemahaman dan pencerahan kepada masyarakat, supaya mereka tidak terpengaruh pada konten provokatif yang tidak menghendaki Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Terkelin Brahmana menyatakan, ASN hendaknya mampu menjadi pengayom dan pemersatu dalam kehidupan bermasyarakat, karena ditengah derasnya arus gempuran teknologi dan Informasi saat ini, masyarakat sebagai konsumen lebih mudah menyerap berbagai informasi melalui berbagai media

Menurutnya, era teknologi informasi yang begitu pesat, masyarakat begitu mudahnya mendapat konten atau bacaan dan dikhawatirkan terbawa arus konten yang berisi pemikiran ingin memecah belah persatuan bangsa. “Nah, peran ASN di era saat ini, sangat penting untuk memberikan pemahaman dan pencerahan kepada masyarakat,” ucapnya.

Bupati menambahkan, ASN terus menggaungkan dan membangun kesadaran diri dan masyarakat untuk tidak mudah diadu-domba oleh kelompok apapun yang ingin NKRI terpecah belah khususnya di Kabupaten Karo. Hal itu dipandang penting dan menjadi perhatian semua pihak, mengingat Kabupaten Karo sedang memasuki tahun politik (Pilkada Karo 2020).

"Kehidupan damai dan tenteram serta rasa kekeluargaan yang tinggi selama ini harus tetap kita pertahankan. Saya berharap ASN Pemkab Karo terus bergerak mencari terobosan, dengan melakukan inovasi yang real dan konkret untuk mendorong pembangunan daerah di segala sektor," ujar Terkelin Brahmana.

Pamacu Daya Serap Anggaran
Di sisi lain, Terkelin Brahmana mengingatkan jajarannya di tahun anggaran 2020 banyak kegiatan-kegiatan prioritas yang strategis. Oleh karena itu, OPD yang memiliki kegiatan-kegiatan pembangunan konstruksi untuk dapat dicermati waktu yang ada. Hal ini dapat dilihat dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

“Ini sudah memasuki awal bulan Maret, jadikan pengalaman sebelumnya sebagai alarm mengingatkan kita untuk senantiasa bekerja keras, bekerja cerdas, tuntas dan berkualitas dalam meningkatkan capaian kinerja dengan memperhatikan proses pelaksanaan program sesuai dengan prosedur dan tepat sasaran," katanya.

Menurutnya, sangat tidak baik kalau pekerjaan dibiarkan menumpuk yang akhirnya diselesaikan dengan tergesa-gesa. Artinya, jangan menumpuk kegiatan di akhir tahun. Jangan ada lagi pekerjaan yang ditunda-tunda, sehingga tertinggal dan kemudian dikerjakan terburu-buru. “Kita berharap, pelelangan sudah terlaksana bulan Maret atau awal April nanti, sehingga kita bisa fokus dalam pembahasan P-APBD Tahun 2020,” sebut Bupati.

Daya serap anggaran, sambung Terkelin Brahmana, diharapkan bukan hanya sekadar terserap saja, namun penyerapan itu memberikan efek positif dan produktif dalam rangka menggerakan pembanguan daerah dan memberikan stimulus pertumbuhan ekonomi rakyat. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C