Log in

Bupati Batu Bara: Akreditasi PAUD dan PNF Alat Penilaian Kelayakan

Para peserta Sosialisasi Akreditasi PAUD Tahun 2019 foto bersama di Aula Dinas Pendidikan Batu Bara, Perupuk, Batu Bara, Sumut, Senin (11/11). Para peserta Sosialisasi Akreditasi PAUD Tahun 2019 foto bersama di Aula Dinas Pendidikan Batu Bara, Perupuk, Batu Bara, Sumut, Senin (11/11).

Batu Bara-andalas Sosialisasi akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan kebijakan dan mekanisme akreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan Pendidikan Nonformal (PNF). Akreditasi adalah penilaian kelayakan satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dalam sistem pendidikan nasional (sisdiknas).

Hal ini dikatakan Bupati Batu Bara Zahir diwakilkan Plt Kepala Dinas Pendidikan Baru Bara Ilyas Sitorus saat membuka Sosialisasi Akreditasi PAUD tahun 2019 di Aula Dinas Pendidikan Batu Bara, Perupuk, Senin (11/11)

Ilyas Sitorus menyampaikan, kebijakan dan mekanisme akreditasi kini terus mengalami penyesuaian seiring dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

"Sejak diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal, sasaran akreditasi berubah dari program ke satuan," kata Ilyas membacakan sambutan Bupati.

Peraturan ini, lanjutnya, menuntut perubahan yang fundamental dalam kebijakan dan mekanisme akreditasi. Sebagai lembaga mandiri yang bertugas melaksanakan akreditasi satuan PAUD dan PNF, BAN PAUD dan PNF membuat kebijakan mengganti instrumen akreditasi yang berbasis pada satuan.

"Instrumen akreditasi yang baru diharapkan mampu memotret performansi (performance) satuan pendidikan PAUD dan PNF," tambah Ilyas.

Sementara Narasumber dari BAN Provinsi Sumut Syafri'al dan Sri Prihartini, mengatakan bahwa dalam melaksanakan tugas, BAN PAUD dan PNF Pusat/Nasional dibantu oleh BAN PAUD dan PNF Provinsi di seluruh Indonesia. "Keberadaan BAN PAUD dan PNF Provinsi sangat penting untuk menyukseskan pelaksanaan akreditasi," ujar Sri Prihartini.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi akreditasi yang dilaksanakan ini penting dan perlu terutama bagi pengelola dan penyelenggara PAUD dan PNF. Karena kegiatan ini bagian dari strategi untuk memenuhi kuota yang ditetapkan pemerintah.

Dalam kegiatan sosialisasi akreditasi, BAN PAUD dan PNF secara langsung melatih satuan pendidikan untuk mengisi Evaluasi Diri Satuan Prasyarat Akreditasi (EDS-PA) sebagai persyaratan mengikuti akreditasi.

"Pengisian EDS-PA dilakukan sebelum pelaksanaan penilaian tahapan visitasi dengan menggunakan Instrumen Penilaian Akreditasi (IPA) yang berorientasi performansi (performance)," tambah Syafri'al. (PR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px