Log in

Bupati Ashan Perintahkan Pelayanan Disdukcapil Ditertibkan

TINJAU - Sekretaris Disdukcapil Asahan H Dermawan saat meninjau ruang pelayanan Kantor Disdukcapil Asahan. TINJAU - Sekretaris Disdukcapil Asahan H Dermawan saat meninjau ruang pelayanan Kantor Disdukcapil Asahan.

Kisaran,Sumatera Utara-andalas Karut-marut pelayanan yang terjadi selama ini pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Asahan. Yakni,  pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan pembuatan identitas diri seperti KTP, kartu keluarga (KK), dan akte kelahiran diduga dijadikan ajang kepentingan oleh sebagian oknum di lingkungan kantor pelayanan tersebut, membuat Bupati Asahan gerah dan minta segera dilakukan penertiban.

Dengan capaian kinerja dianggap belum memuaskan, ditambah maraknya pemberitaan berbagai media terkait pelayanan yang terjadi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Asahan, maka pada Jumat (31/8), Bupati Taufan Gama mengambil langkah untuk melakukan pembenahan dengan mencopot Kadisdukcapil M Rais beserta Sekretarisnya Budi Anshari, sekaligus melantik Kepala Dinas Dukcapil yang baru Drs H Supriyanto dan Sekretaris Dukcapil Drs H Darmawan.

Supriyanto selaku Kepala Dukcapil Asahan melalui Sekretaris Drs H Dermawan ketika ditemui andalas di ruang kerjanya, Jumat (7/9) mengatakan, keberadaan mereka pascapelantikan tersebut sesuai arahan Bupati Asahan melalui Wakil Bupati meminta mereka untuk menertibkan semua kegiatan yang menyangkut pelayanan terhadap masyarakat.

“Yang menyangkut semua urusan masyarakat di Disdukcapil Asahan yang kaitannya dengan pelayanan masyarakat baik itu pengurusan KTP, Akte, dan KK dikeluarkan melalui loket pelayanan. Itu menjadi langkah pertama,"kata Darmawan.

Darmawan menyebutkan, selama lima hari bertugas pascapelantikan. Langkah pertama yang diterapkan sudah terlihat ada perubahan. "Namun belum seutuhnya bisa secepatnya diperbaiki masih ada kendala-kendala lain namun perlahan tapi pasti kendala tersebut dapat diatasi,"terang mantan Plt Kadisdik tersebut.

Di akhir bincang- bincang, Darmawan berharap kepada masyarakat yang mengurus hendaknya pahamlah terhadap situasi, karena sesuai OPS kita, kepengurusan KTP-el siap dalam 14 hari pelayanan."Namun, kita usahakan mempersingkat penyelesaiannya tidak sampai 14 hari,"katanya sembari menambahkan untuk blanko akte dan KK kita ready stock tetapi untuk blanko KTP-el sampai hari ini masih kosong. (FAS)

25°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 4.83 km/h

  • 18 Nov 2018 28°C 23°C
  • 19 Nov 2018 27°C 23°C

Banner 468 x 60 px