Logo
Print this page

Buka Ujian SKD CPNS, Bupati Palas: Jangan Percaya Calo CPNS

Bupati Palas H Ali Sutan Harahap, Wabup Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu, Sekda Palas Arpan Nasution dan pengawas dari BKN saat membuka secara resmi pelaksanaan ujian SKD CPNS Pemkab Palas, Selasa (18/2). Bupati Palas H Ali Sutan Harahap, Wabup Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu, Sekda Palas Arpan Nasution dan pengawas dari BKN saat membuka secara resmi pelaksanaan ujian SKD CPNS Pemkab Palas, Selasa (18/2).

Sibuhuan-andalas Bupati Padang Lawas (Palas) H Ali Sutan Harahap membuka secara resmi pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Palas formasi 2019 di Kampus PSDKU IPB Palas, Selasa (18/2).

Bupati mengatakan, seleksi CPNS ini adalah benar-benar murni menguji kemampuan para peserta ujian dengan mengedepankan prinsip transparansi, tidak dipungut biaya apapun serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Jika ada kemudian lolos atau dinyatakan lulus dalam seleksi iji, itu merupakan hasil kerja keras dari peserta itu masing-masing," kata Bupati yang akrab disapa Tongku Sutan Oloan (TSO) dalam sambutannya didampingi Wakil Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu.

TSO berharap kepada semua peserta agar sungguh-sungguh dan teliti mengerjakan soal ujian sehingga  hasil yang diperoleh juga memuaskan. “Saya yakin semua peserta ujian CPNS ini punya semangat yang kuat," ujarnya.

Bupati juga mengingatkan, apapun hasilnya peserta sudah berusaha secara maksimal. "Jika hasilnya tidak seperti yang diharapkan jangan pernah putus asa dan kecewa, karena masih banyak tempat lainnya untuk mencapai kesuksesan," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati yang turut didampingi Ketua Panitia Seleksi CPNS Pemkab Palas Arpan Nasution, mengingatkan semua peserta jangan pernah percaya dengan calo-calo yang mengatasnamakan pemerintah, pejabat dan pihak lain, yang menjanjikan dapat meluluskan menjadi CPNS dengan imbalan tertentu.

"Hal itu sangat mustahil. Jangan percaya kepada calo yang mengaku bisa meluluskan jadi CPNS. Yang menentukan kelulusan kalian adalah kemampuan kalian sendiri," tegas TSO.

Dalam laporannya Plt Kaban BKPSDM Kabupaten Palas Adi Putra Hamolomoan menyampaikan, berdasarkan rekapitulasi jumlah pelamar di portal SSCASN sampai ditutupnya masa pendaftaran ada sebanyak 5.983 pelamar.

Dikatakan Adi, setelah melewati tahapan verifikasi, masa sanggah dan pengumuman, jumlah pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti seleksi kompetensi dasar ada 5.983 orang.

“Dua orang peserta P1/TL tenaga pendidikan dan memilih tidak mengikuti SKD tahun ini dengan mengunakan nilai SKD tahun 2018," kata Adi didampingi Kabid Pengadaan Pemberhentian Informasi dan Penilaian Kinerja, Yusnita Marito.

Lebih lanjut Adi menyampaikan, untuk ujian SKD CPNS akan dilaksanakan mulai Selasa (18/2) hingga 24 Februari 2020 mendatang. Peserta ujian SKD dibagi dalam 30 sesi dan setiap harinya dibagi lima sesi kecuali pada hari pertama hanya empat sesi.

Adapun kriteria peserta SKD  yang dinyatakan memenuhi passing grade berdasarkan Permenpan Nomor 24 tahun 2019 tentang nilai ambang batas SKD pengadaan CPNS tahun 2019 yaitu, untuk nilai Tes Karakter Pribadi (TKP) 126,  nilai Tes Intelegensia Umum (TIU) 80, dan untuk nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) 65. Sementara untuk Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) menunggu ketentuan lebih lanjut.

Berdasarkan keputusan Menpan-RB RI Nomor 713 tahun 2019 tentang penetapan kebutuhan PNS di lingkungan Pemerintah daerah Kabupaten Padang Lawas tahun 2019, bahwa rincian kebutuhan CPNS sebanyak 127 orang, antara lain tenaga teknis 36 orang, tenaga pendidik 61 orang, dan tenaga kesehatan 30 orang.

Sementata itu, usai membuka pelaksanaan ujian SKD CPNS, Bupati Palas TSO bersama Kapolres Palas AKBP Jarot Yusviq Andito, Wabup Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu, Sekda Palas Arpan Nasution dan pejabat lainnya, melakukan penijauan pelaksanaan ujian yang diikuti sebanyak 200 peserta dibagi dalam empat ruangan. (ISN)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com