Log in

Blangko E-KTP Kurang, Disdukcapil Dairi Terbitkan Suket

Amudi Naiborhu Amudi Naiborhu

Sidikalang-andalas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dairi mengakui ketersediaan blangko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) jauh lebih kecil dibanding kebutuhan masyarakat di daerah itu. Akibatnya, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Disdukcatpil terpaksa menerbitkan Surat Keterangan (Suket).

"Ketersediaan blangko e-KTP di Kabupaten Dairi jauh lebih kecil dibanding kebutuhan, sehingga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, kita terpaksa menerbitkan Suket," kata Plt Kepala Disdukcapil Dairi Amudi Naiborhu didampingi Kepala Bidang Kependudukan Simon Malau di Sidikalang, Senin (13/5).

Diuraikan, untuk Mei 2019 ini jumlah blangko e-KTP yang diterima hanya 500 keping. Blangko tersebut akan diperioritaskan untuk data berstatus Print Ready Record (PRR) yakni warga yang telah melaksanakan perekaman  namun belum pernah memiliki e-KTP.

"Bahkan untuk keperluan PRR tersebut, stok yang ada belum memadai karena data PRR sudah mecapai 1200 data. Sementara bagi pemohon yang telah pernah memiliki e-KTP dan ingin mengganti karena hilang, rusak, atau mengalami perubahan alamat dan sejenisnya akan dilayani dengan penerbitan Surat Keterangan Pengganti," jelasnya.

Disebutkan, Suket memiliki fungsi dan kegunaan yang sama dengan e-KTP seperti dalam pengurusan rekening bank, BPJS Kesehatan, dan pengurusan dokumen lainnya. Hanya saja, untuk masa berlaku dibatasi sampai enam bulan.

Naiborhu menyebutkan, pihaknya berkeinginan agar seluruh masyarakat terlayani dengan baik dan segera. Namun karena kurangnya blangko e-KTP pelayanan menjadi terkendala. "Kita berhara warga bersabar," ujarnya. (GOL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px