Log in

Binjai Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

Wali Kota Binjai HM Idaham saat menerima penghargaan sebagai Kota Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Wali Kota Binjai HM Idaham saat menerima penghargaan sebagai Kota Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Binjai-andalas Kota Binjai kembali menerima penghargaan sebagai Kota Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI). Penghargaan diberikan Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kemenkumham RI Mualimin Abdi kepada Wali Kota Binjai HM Idaham, bertepatan peringatan HAM ke-71 yang diadakan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, Selasa (10/12).

Tahun ini ada 272 kabupaten/kota di Indonesia yang menerima penghargaan sebagai Kota Peduli HAM. Bagi Kota Binjai sendiri penghargaan ini telah menjadi langganan setiap tahunnya, yang diterima sejak tahun 2013.

Wali Kota Binjai HM Idaham saat menjadi pembicara pada jamuan makan bersama para kepala daerah penerima penghargaan, mengatakan, Pemerintah Kota Binjai komit untuk memberikan  perlindungan  hak asasi manusia  kepada warganya.

“Kami menerapkan  dan memberikan perlindungan hak asasi manusia tidak hanya dalam satu program saja, tapi dalam semua program kami ingin memenuhi dan menjamin hak-hak dasar dan perlindungan hukum  kepada warga kami,” kata Idaham.

Mengawali paparannya, Idaham memberikan gambaran tentang Kota Binjai sebagai kota kecil dengan penduduknya yang heterogen, namun hidup berdampingan dengan rukun. Pertumbuhan ekonomi Kota Binjai juga sangat baik, bahkan di atas pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumatera Utara dan nasional.

Idaham menjelaskan  komitmen Pemko Binjai terhadap hak asasi manusia, di antaranya melalui program pembinaan keluarga sejahtera untuk calon pengantin. Dalam program ini setiap calon pengantin wajib mengikuti konseling pranikah dan tes urin sehingga diketahui apabila pasangan calon pengantin tersebut adalah pengguna  narkoba maka wajib untuk tes HIV.

"Ini untuk melindungi perempuan dan anak-anak, dan program ini sangat didukung para tokoh agama dan tokoh masyarakat," kata Idaham.

Ditambahkannya, dalam upaya pemenuhan pelayanan publik, Pemko Binjai juga memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berkontribusi atau terlibat langsung dalam proses pembangunan. Mulai dari tahap perencanaan dengan memanfaatkan aplikasi e-Musrenbang hingga pengawasannya melalui aplikasi e-Mas. (DED)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px