Log in

BID Klaster Langkat Hilir Dibuka

Asisten III Umum Setdakab Langkat Musti SE saat menyampaikan sambutan dan bimbingan Bupati Langkat pada pembukaan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Langkat klaster Langkat Hilir di Desa Gohor Lama, Kecamatan Wampu, Langkat. Asisten III Umum Setdakab Langkat Musti SE saat menyampaikan sambutan dan bimbingan Bupati Langkat pada pembukaan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Langkat klaster Langkat Hilir di Desa Gohor Lama, Kecamatan Wampu, Langkat.

Diharap Tak Sekedar Seremonial

Stabat-andalas Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten III Umum Setdakab Langkat Musti SE membuka acara Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Langkat klaster Langkat Hilir tahun 2019 ditandai dengan pemukulan gong di Desa Gohor Lama, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Kamis (17/10).

Bimbingan Bupati Langkat yang disampaikan Musti mengatakan, salah satu upaya untuk mendukung terlaksananya Inovasi Desa adalah terbentuknya forum BUMDes. Untuk itu, diharapkan agar forum itu bisa menjadi wadah untuk berkoordinasi dan konsultasi bagi para pelaku Bumdes, saat mengembangkan usaha Bumdes di desanya masing-masing.

"Semoga forum BUMDes ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), sebagai salah satu sumber utama anggaran desa, disamping Dana Desa (DD) maupun Anggaran Dana Desa (ADD)  dalam menyelenggarakan pembangunan perdesaan," harapnya.

Musti menjelaskan, kegiatan ini juga forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi-inovasi masyarakat yang dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa. Gunanya adalah untuk mencari  solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa, dalam rangka penggunaan DD dan ADD yang lebih efektif.

Selain itu, sambungnya, juga bertujuan untuk menginformasikan rencana kegiatan pembangunan desa, serta memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat di desa-desa, yang mengedepankan penggalian dan pengelolaan potensi yang dimiliki, secara arif dan bijaksana.

"Dengan memperhatikan potensi yang ada serta dampaknya bagi kelestarian lingkungan," ungkapnya sembari berpesan agar setiap pemerintah desa yang mengikuti kegiatan ini dapat memanfaatkannya dengan mencermati setiap inisiatif dan inovasi yang ditampilkan sehingga dapat diadopsi dan direplikasi untuk selanjutnya dikembangkan di desa masing-masing.

Sementara, Sekretaris Dinas PMD Langkat M Mirza pada laporannya, mengatakan, kegiatan ini dikelola  oleh tim Program Inovasi Desa di masing-masing klaster dengan dukungan dan kordinasi kepada Dinas PMD Langkat dan sejumlah unsur dari Dinas terkait.

"Kita berharap agar kegiatan-kegiatan seperti itu tidak hanya sekedar kegiatan seremonial belaka, sebab pertumbuhan BUMDes yang ada di Kabupaten Langkat sampai sekarang juga tidak banyak yang tahu. Malah yang ada, suara-suara sumbang mengenai BUMDes itu yang konon kabarnya hanya ajang untuk memperkaya kepala desa dan orang-orang yang dekatnya saja," katanya.

Turut hadir dalama acara tersebut para asisten dan staf ahli Bupati serta para kepala OPD Pemkab Langkat, unsur Forkopim kecamatan se Langkat Hilir, beserta seluruh kepala desa, BPD dan LPMD, tokoh masyarakat serta undangan lainnya. (BD)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px