Log in
Pemkab-Aceh-Selatan-Sekda-Bupati.jpg

Bastaria Sinulingga : PPDB SMA Tahun 2020 Mendaftar dari Rumah Saja

Bastaria Sinulingga MPd Bastaria Sinulingga MPd

Kabanjahe-andalas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2020 dilakukan secara daring dan sangat mudah. Sebab, kondisi saat ini tidak memungkinkan para siswa untuk datang ke sekolah melakukan pendaftaran langsung.

Bedanya, PPDB tahun ini, kita tidak berkumpul. Jadi hanya lewat online atau aplikasi saja, mendaftar langsung dari rumah masing-masing, tahun lalu harus datang ke sekolah. Ia mengatakan, pendaftaran PPDB kali ini memiliki sejumlah jalur, seperti zonasi, afirmasi dan prestasi (akademik dan non akademik).

Hal itu diungkapkan Kepala Sekolah SMAN 2 Kabanjahe, Bastaria Sinulingga,SPd, MPd kepada andalas, Senin siang (01-05-2020) di ruang kerjanya Kantor Kepala Sekolah SMAN 2 Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe, Kabupaten Karo.Jalur zonasi memprioritaskan calon peserta didik yang rumahnya lebih dekat dari sekolah (0 s/d 20 km). Untuk jalur ini, kuota yang akan disediakan sebesar 50 persen.

Selanjutnya, jalur afirmasi diberikan untuk siswa yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu, yang memiliki kartu PKH dan KIP. Untuk jalur ini, kuota yang disediakan sebesar 15 persen, kata Bastaria Sinulingga yang sekolah dipimpinnya itu rujukan pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Keterampilan 4C (Abad 21) dan sosialisasi pengembangan PISA/STEM (The Program International Student Assessment) dan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk guru sejak 2018 lalu.

Dijelaskannya, ada pula kuota 5 persen yang tersedia untuk perpindahan tugas orangtua dan guru yang mengajar di sekolah tersebut. Sementara itu, jalur prestasi akademik 20% dan non akademik 10%. Jalur prestasi non akademik bagi yang memiliki sertifikat juara 1,2,3 minimal tingkat kabupaten berhak mendaftar sebagai calon peserta didik baru.

Proses seleksi yang nantinya dilakukan oleh Tim Verifikasi PPDB dimulai dari seleksi data rapor siswa, semester 1-5, kartu keluarga, kartu PKH, KIP sesuai kebutuhan jalur yang didaftarkan. Kemudian, prestasi akademik dan non akademik. Setelah itu, aplikasi akan mengurutkan dari total nilai tertinggi sesuai kuota yang disediakan, ucapnya.

“Dijamin tidak ada KKN, soalnya (proses seleksi) rangkingnya pakai mesin, pakai aplikasi. Jika nantinya ada oknum-oknum yang mengaku-ngaku bisa meluluskan siswa/i, dipastikan itu bohong. Sebaiknya segera laporkan oknum tersebut pada pihak berwajib,” tegasnya.

Kepada seluruh pendaftar calon siswa SMA, khususnya SMAN 2 Kabanjahe, agar tetap memperhatikan pemberitahuan di akun masing-masing, karena kemungkinan ada pemberitahuan ditolak karena ada satu atau beberapa hal yang masih perlu diperbaiki, sehingga masih boleh mendaftar kembali setelah ditolak harapnya mengingatkan.

Disarankan, sambung Kepala SMAN 2 Kabanjahe itu, pada isian awal aplikasi, agar diisikan nomor contak person (hp) yang dapat dihubungi, agar bisa dihubungi langsung jika kurang lengkap, serta satu HP hanya digunakan untuk satu akun pada PPDB ini. Informasi ini penting dipahami para orang tua dan calon peserta, imbuh Bastaria Sinulingga.

Perlu Kejujuran Panitia Maupun Orang Tua Siswa

Terpisah aktivis Pengembangan dan Pemberdayaan Potensi Daerah (PPPD) Kabupaten Karo, Hendra Ginting menilai ada beberapa titik kritis yang perlu diwaspadai agar PPDB berjalan lancar, jujur, dan objektif. Pertama, kesahihan dokumen pendaftaran. Verifikasi harus dilakukan secara cermat mulai dari dokumen pendukung jalur afirmasi, bukti sebagai anak berkebutuhan khusus (ABK), bukti prestasi, dan perpindahan orangtua.

"Pelacakan dokumen-dokumen ini harus benar-benar dapat dipastikan kebenarannya serta dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Khususnya untuk jalur afirmasi. Perlu kejujuran baik dari panitia ataupun orang tua siswa yang melakukan pendaftaran," jelas dia.(RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C