Log in

Bantuan-Wakil Ketua Muchrid Nasution dan Wakil Seketaris Golkar Sumut Hasanuddin Nano saat menyerahkan bantuan beras dari Ngogesa Sitepu kepada warga

TINJAU-Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Dinas Perhubungan Dinasti Sitepu saat meninjau jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe-Berastagi. Andalas/robert tarigan TINJAU-Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Dinas Perhubungan Dinasti Sitepu saat meninjau jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe-Berastagi. Andalas/robert tarigan

Kabanjahe-andalas Dalam rangka meningkatkan pembangunan jalan nasional jurusan Berastagi-Kabanjahe, Kementerian PU-Pera melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah I Medan akan memperlebar badan Jalan Letjen Jamin Ginting. Kemungkinan, tahap awal berkisar 2 km akan dimulai dari depan kantor Bupati Karo, Kabanjahe menuju arah Berastagi. Anggarannya berkisar sekitar Rp24 miliar yang ditampung melalui APBN 2017.

Sosialisasi terkait hal tersebut sudah disampaikan pihak Balai Wilayah I di kantor bupati, Kabanjahe. Setelah tahap awal dilaksanakan, tahap selanjutnya akan diteruskan dengan anggaran yang belum dapat dirinci sampai ke tugu kol, Berastagi. Demikian dikatakan Bupati Karo, Terkelin Berahmana SH kepada wartawan di Kabanjahe, kemarin.

“Diimbau kepada masyarakat  luas, agar mendukung pelebaran jalan Letjen Jamin Ginting Kabanjahe-Berastagi untuk kepentingan umum. Pelaksanaan pekerjaan pihak Satker wilayah I Medan nantinya tidak terganggu. Mari kita saling mendukung demi pembangunan di daerah kita. Peninjauan dan sosialisasi ke ruas jalan yang akan dibangun telah kita survei bersama PU, Bappeda, Camat dan kepala desa terkait,” jelas bupati.

Disebutkan bupati, peningkatan jalan nasional tersebut juga sebagai tindak lanjut usulan Pemkab Karo sebelumnya ke Departemen PU di Jakarta. Usulan tersebut, salah satu upaya mengatasi kemacetan arus lalu lintas yang akhir-akhir ini menjadi langganan macat akibat volume jalan semakin padat.

"Selain itu, usulan peningkatan pembangunan tersebut untuk mensinergikan program pusat dalam membangun pariwisata kawasan Danau Toba berskala internasional dan Tanah Karo merupakan salah satu pintu gerbang kawasan Danau Toba yang sarat dengan Daerah Tujuan Wisata (DTW) berskala lokal mau pun internasional seperti Taman Simalem Resort (TSR),” ujar bupati.

Diperoleh informasi dari Satuan Kerja (Satker) wilayah I, program peningkatan jalan nasional jurusan Berastagi-Kabanjahe, melalui APBN 2017 anggarannya telah ditampung sebagai respon usulan Bupati Karo, Terkelin Brahmana beberapa waktu sebelumnya. Kemungkinan akan dimulai dari depan kantor Bupati Karo sampai desa Sumbul Kecamatan Kabanjahe."Sementara dari tugu kol Berastagi sampai simpang Ujungaji adalah wilayah Satker Metropolitan Medan,"ujarnya.

Sebelumnya, hal yang sama dijelaskan Karyawanta Sembiring ST, M.Si, PPK 18 Satker Metropolitan Medan. Dia Membenarkan rencana pelebaran pembangunan jalan nasional Kabanjahe-Berastagi menjadi 24 meter. Bulan ini juga sudah bisa dieksekusi.

“Kalau batas wilayah kita sampai simpang Ujungaji, Berastagi. Namun begitu, wilayah Metropolitan dari tugu kol sampai simpang Ujungaji berkisar 2 km juga akan diprogramkan pembangunan pelebaran jalan lintasan tujuh kabupaten dan sebagian Aceh Tenggara dan Aceh Selatan itu. Kita upayakan tahun anggaran berikutnya nanti melalui Satker Metropolitan Medan,”ujarnya. (RTA).

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Aug 2017 31°C 22°C
  • 21 Aug 2017 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px