Log in

Banmus Tak Kuorum, RAPBD Humbahas 2018 Terancam Penalti


Dolok Sanggul-andalas Rapat Banmus DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) untuk penjadwalan pembahasan Pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang dijadwalkan Senin (13/11) tidak memenuhi kourum. Sebelumnya, Banmus yang disepakati, Jumat (10/11) lalu juga tidak kuorum.

Belum diketahui penyebab tidak kuorum-nya Banmus DPRD Humbahas itu. Namun sebagai dampak tidak kuorum Banmus pembahsan RPJMD itu, pembahasan R-APBD Humbahas TA 2018 di penghujung 2017, terancam gagal sehingga RAPBD terancam penalti.

Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit kepada andalas di ruang kerjanya, Senin (13/11) mengatakan, bahwa sebelumnya, unsur pimpinan DRPD Humbahas yang meliputi Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Pimpinan Fraksi, Komisi DPRD dan Badan Kehormatan Dewan sudah sepakat melakukan rapat Banmus untuk penjadwalan pembahasan RPJMD sebagai syarat untuk pembahasan dan penetapan R-APBD TA 2018.

“Sebelumnya, bersama unsur pimpinan DPRD kita sudah sepakat melakukan rapat Banmus pembahasan RPJMD, Jumat (10/11). Namun karena tidak kuorum, Banmus kembali kita undur hingga Senin (13/11) namun juga tidak kuorum. Menyikapi ini kita akan kembali menyurati unsure pimpinan alasan tidak kuorumnya Banmus DPRD untuk pembahsan RPJMD,” katanya.

Ditanya soal tidak kuorumnya Banmus merupakan rentetan dari penolakan Ranperda Pertanggungjawaban APBD TA 2016 dan Hak Angket terhadap Bupati Humbahas, Manaek justru enggan berkomentar. “Itu kembali kepada anggota DPRD, kita tidak bisa mencampuri itu,”katanya.

Sekretaris DPRD Humbahas Makden Sihombing kepada wartawan mengatakan, dari 12 anggota Banmus yang hadir adalah, Manaek Hutasoit, David YD Mahulae (Fraksi Golkar) Minter Hulman Tumanggor (Fraksi PDIP), Martini Purba (Fraksi Hanura), Saut Nainggolan (Fraksi NasDem Kebangkitan Bangsa). Sementara tidak hadir, Ronal Lumban Gaol, Jimmi Togu Purba, Bukka Lumban Toruan (Fraksi Gerindra), Marsono Simamora, Tulus Hutasoit (Fraksi NasDem Kebangkitan Bangsa), Jonser Purba (Fraksi Amanat Demokrat), Bantu Tambunan (Fraksi Golkar).

Menyikapi tidak kuorumnya Banmus pembahasan RPJMD, Jonni Simamora, salah seorang tokoh pemuda di daerah itu saat dimintai tanggapannya megaku menyesalkan sikap DPRD yang tidak melakukan tupoksinya sebagai wakil rakyat. Banmus untuk pembahasan RPJMD sudah dua kali tidak kuorum, hal ini sudah sangat disayangkan.

Sebab Banmus untuk pembahasan RPJMD sangat berhubungan dengan kepentingan rakyat. "Jika Banmus ini ada rentetannya dengan penolakan Ranperda Pertanggungjawaban APBD TA 2016 dan Angket terhadap Bupati Humbahas. Hal tersebut jangan dibawa ke Banmus,” ujarnya.

Ditambahkan, sebagai legislasi, DPRD setidaknya setia kepada tupoksinya. “Jika pekerjaan fisik di PAPBD dan RAPBD tidak riskan dan dicoret sesuai skala prioritas pembangunan. Jangan absen dalam rapat apalagi yang berhubungan dengan rakyat,” tandasnya. (AND)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Nov 2017 29°C 22°C
  • 21 Nov 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px