Log in

Banjir Mengepung Sejumlah Desa di Palas

BANJIR - Meluapnya Sungai Sosa menimbulkan banjir yang mengepung permukiman warga di Desa Pasar Lombang Ujung Batu, Sosa dan sejumlah desa lainnya BANJIR - Meluapnya Sungai Sosa menimbulkan banjir yang mengepung permukiman warga di Desa Pasar Lombang Ujung Batu, Sosa dan sejumlah desa lainnya

Sibuhuan,Sumaetra Utara-andalas Akibat curah hujan yang cukup tinggi, Selasa (9/10) malam mulai pukul 23.40 WIB  sampai dinihari, berakibat sejumlah rumah warga di Kecamatan Sosa, Kabupaten Palas terendam banjir. Meluapnya air Sungai Sosa menggenangi puluhan rumah warga di sekitar Desa Harang Julu, Parapat, Lumban Huayan dan Pasar Lomba Pasar Ujung Batu Sosa.

Diperkirakan ketinggian air mencapai satu meter. Terjangan banjir ini menyebabkan para warga sampai Rabu (10/10) pagi, terpaksa mengungsi di trotoar jalan raya depan rumah warga yang berada di dataran tinggi.

Menurut warga dan kalangan ibu rumah tangga, malam itu air belum mengepung sejumlah rumah rumah warga dan merendam sebahagian rumah."Tadi pagi dengan tiba-tiba air masuk ke dalam rumah kami. Mau bagaimana lagi. Kami hanya bisa pasrah. Ini musibah bencana alam,"kata warga Boru Hasibuan didampingi ibu-ibu lainnya menyampaikan keluhan mereka.

Pantauan di lokasi Pasar Lombang, Kecamatan Sosa, akibat curah hujan yang cukup tinggi, menyebabkan serbuan air menggenangi perumahan warga, sampai saat ini air masih bertahan merendam rumah rumah warga.

Bahkan, badan jalan dari Pasar Lombang menuju Kecamatan Batang Lubu Sutan tergenang air setinggi lutut orang dewasa, sehingga kondisinya menyulitkan pengguna jalan yang melintas dengan kendaraan sepeda motor maupun mobil pribadi. "Tidak sedikit yang berbalik arah karena takut terjebak banjir tersebut,"kata Kapolsek Sosa AKP Huayan Harahap melalui anggotanya, Aipda Amson Ragen Panjaitan.

Terjangan banjir akibat meluapnya Sungai Sosa meluas di awasan permukiman warga, sehingga berdampak ratusan rumah warga yang berada di dekat bataran sungai terendam air.

Sebahagian rumah warga yang terendam air, kata Kapolsek Sosa, sudah mulai surut tapi di sejumlah kawasan masih tetap bertahan sehingga personel disiagakan di kawasan yang rawan banjir agar tidak menimbulkan kerugian korban jiwa dan harta benda.(ISN)

26°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 90%

Wind: 11.27 km/h

  • 18 Dec 2018 28°C 23°C
  • 19 Dec 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px