Log in

Antisipasi Covid-19, Pemkab Madina Semprot Disinfektan Secara Massal

Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution bersama unsur Forkopimda saat mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah di Pasar Lama Panyabungan, Selasa (31/3). Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution bersama unsur Forkopimda saat mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah di Pasar Lama Panyabungan, Selasa (31/3).

Madina-andalas Untuk mengantisifasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di seputaran kota Panyabungan.

Sebelum melaksanakan penyemprotan, terlebih dahulu dilakukan apel di Lapangan Kantor Bupati yang lama, Selasa (31/3). Apel yang dipimpin Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi itu dihadiri Bupati Madina Dahlan Hasan Hasan Nasution, Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, Ketua Pengadilan Negeri, Danramil 13 Panyabungan, Kepala BNNK Madina dan sejumlah kepala OPD Madina.

Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi dalam arahannya menyampaikan, beberapa waktu lalu penyemprotan juga telah dilakukan di tempat keramainan dan rumah ibadah.

"Upaya-upaya lain juga kita lakukan seperti melakukan scanning di jalur-jalur pintu keluar masuk Kabupaten Madina dan sampai saat ini masih terus berjalan dan mudah-mudahan bisa berjalan efektif sebagaimana yang kita harapkan," kata Kapolres.

"Corona masih terus terjadi di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia. Hal ini tentunya telah menimbulkan dampak terhadap berbagai aspek kehidupan sehingga harus menjadi urusan bersamaan dan dibutuhkan kepedulian kita untuk menanggulanginya," lanjut Kapolres.

Kepada personel yang melaksanaan penyemprotan, Kapolres meminta dilakukan sesui SOP, seperti penggunaan APD agar digunakan sebagaimana mestinya dan juga teknis-teknis penyemprotan sehingga penyemprotan ini tidak justru kontraproduktif terhadap kesehatan.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini akan memberikan dampak psikologis kepada masyarakat. Kita berharap masyarakat mendukung pemerintah dengan mendengarkan himbauan yang disampaikan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini," haranya.

Sementara Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution kepada wartawan menyampaikan, kegiatan penyemprotan massal disinfektan ini adalah salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sampai saat ini, kata Dahlan, warga Madina yang masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada sebanyak 84 orang dan Pasien Dalam Pengawasan satu orang. "Kita tidak akan bosan-bosan mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan menerapkan pola hidup sehat serta menjaga imun tubuh," kata Dahlan. (JBL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C