Log in

Anggaran Terbatas, Kendala Wujudkan Usulan Pembangunan

MUSRENBANG - Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat menghadiri pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Pangururan di Hotel Grand Dainang. andalas/hotdon naibaho MUSRENBANG - Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat menghadiri pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Pangururan di Hotel Grand Dainang. andalas/hotdon naibaho

Samosir-andalas Banyak kebutuhan pembangunan yang diusulkan dan pada prinsipnya pemerintah daerah berusaha untuk mewujudkan seluruh kebutuhan masyarakat. Namun, keterbatasan anggaran menjadi kendala. Demikian dikemukakan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon setiap membuka Musrenbang tingkat kecamatan.

"Untuk itu, usulan yang telah diajukan akan ditampung secara keseluruhan serta akan menjadi dasar penyusunan RKPD 2020 yang berprinsip pada skala prioritas,"ujar Bupati Rapidin Simbolon, kemarin. Menurutnya,  pembangunan di Kabupaten Samosir ada dua sumber utama yaitu APBD dan Dana Desa.  

Dia mengharapkan antara APBD dan Dana Desa harus sinkron dan saling melengkapi. Suami Sorta Ertaty Siahaan ini meminta agar kepala desa secepatnya menyusun APBDes agar dapat langsung digunakan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Isu strategis tahun 2020 salah satunya adalah pengentasan kemiskinan dan kepala desa melalui dana desa mempunyai peran penting dalam hal tersebut. Diminta, agar kepala desa membangkitkan ekonomi masyarakat marginal sehingga taraf kehidupannya dapat meningkat.

Bupati Samosir sangat optimis untuk penurunan angka kemiskinan di Samosir. Sehingga dalam Perbup tentang dana desa dibuat poin 'Ekonomi Bangkit' untuk kelompok marginal. "Masih banyak warga kita yang belum bernasib baik, melalui dana stimulan dana desa dapat membangkitkan ekonomi mereka,"katanya.

Kepada seluruh perangkat desa dan kepala desa ditekankan untuk berkarya dan giat bekerja. Pemerintah pusat telah merespon untuk memberi perhatian dengan menaikkan gaji perangkat desa dan kepala desa. Menggalakkan sektor-sektor ekonomi yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara mengatakan, Musrenbang tingkat kecamatan dibuka secara langsung Bupati Samosir didampingi wabup. "Sejumlah isu strategis dikemukakan Bupati Samosir seperti pengentasan kemiskinan dan peruntukan dana desa," ujar Rohani Bakkara saat dihubungi andalas, Senin (11/2).

Mantan Kabag Humas ini menambahkan Musrenbang tingkat kecamatan langsung dibuka Bupati Samosir. Sabtu lalu Musrenbang untuk dua kecamatan yakni Kecamatan Pangururan di Hotel Grand Dainang-Pangururan dan Aula HKBP Mogang untuk Kecamatan Palipi.

Hari ini untuk untuk Kecamatan Simanindo. Untuk Musrenbang Kecamatan Pangururan diikuti anggota DPRD Rosinta Sitanggang. Sedangkan di Kecamatan Simanindo dihadiri Ketua DPRD, Rismawati Simarmata.(HN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px