Log in

55 Persen Guru Honorer di Dairi Tak Miliki NUPTK

Saut Harapan Simarmata Saut Harapan Simarmata

Sidikalang–andalas Sekitar 55 persen guru non Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Dairi belum memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Dari 1.218 guru honorer tingkat SD dan SLTP di sekolah negeri, NUPTK hanya dimiliki 549 orang.

Data tersebut diterima dari Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi, Saut Harapan Simarmata di ruang kerjanya, Rabu (19/2).

Diuraikan, guru berstatus non PNS  untuk tingkat SD  Negeri di Kabupaten Dairi  berjumlah 905, yang telah memiliki NUPTK berjumlah 415, sementara untuk tingkat SMP, dari jumlah 313 hanya 134  yang telah memiliki NUPTK yang terdaftar dala Dapodik per 31 Desember 2019.

Saut Simarmata menjelaskan, guru yang  hendak memperoleh NUPTK harus melengkapi sejumlah persyaratan diantaranya berpendidikan minimal S1, dan memiliki masa kerja minimal 2 tahun yang SK pengangkatannya disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan. Sementara untuk pengajuan dilakukan  secara mandiri  melalui aplikasi online.

“Karena pengajuan dilakukan secara mandiri  atau diajukan sekolah maupun oleh masing-masing guru, maka Dinas Pendidikan sifatnya hanya memberi dorongan dan himbauan," terang Saut Harapan Simarmata.

Sementara untuk mendapatkan pengesahan SK pengangkatan dari Kepala Dinas Pendidikan, sejauh ini tidak ada masalah, bahkan dipandang lebih mudah dibanding aturan sebelumnya yang mepersyaratkan pengesahan harus dilakukan kepala daerah.

Seputar penggajian guru honorer menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang hanya diperbolehkan bagi guru yang memiliki NUPTK, Saut Simarmata menyebut hal tersebut ada termaktub dalam petunjuk tekhnis (Juknis) penggunaan dana BOS tahun 2020.

Meski demikian, lajut Saut, Dinas Pendidikan Dairi belum mendapatkan surat edaran atau petunjuk resmi sejenisnya. “Untuk jelasnya, ditanyakan saja kepada manajer BOS," sebut Saut.

Saat Manager BOS Elvis Panggabean hendak dikonfirmasi, yang bersaangkutan mengaku sedang mengikuti rapat.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi Besli Pane yang dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp mengatakan sedang mengikuti rapat di Bappeda. Saat ditanyakan langkah dan upaya Pemkab Dairi untuk mengatasi penggajian guru honorer yang belum memiliki NUPTK, Besli Pane tidak membalas. (GOL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px