Log in

17 Warga Madina ODP Corona

Kadis Kesehatan Madina dr Syarifuddin Nasution saat dikonfirmasi media diruang kerjanya, Selasa (24/3). Kadis Kesehatan Madina dr Syarifuddin Nasution saat dikonfirmasi media diruang kerjanya, Selasa (24/3).

Madina-andalas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan virus corona atau Covid-19 Kabupaten Mandailing Natal (Madina), merilis ada sebanyak 17 warga di daerah itu masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus corona.

"Ke 17 orang yang masuk ODP tersebut merupakan warga Madina yang datang dari Jawa Tengah, Jakarta, Padang Sumbar, Medan, Bandung. Selama ini mereka tinggal di daerah yang terpapar Covid-19 dan sesampainya di Kabupaten Madina, mereka memeriksakan diri ke tenaga medis," kata Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Madina Sahnan Pasaribu, Selasa (24/3).

Didampingi Kadis Kesehatan Madina Syarifuddin, Sahnan mengungkapkan, pemeriksaan tersebut dilakukan atas kesadaran mereka sendiri dengan medatangi Puskesmas dan RSU Panyabungan untuk diperiksa dan dipantau oleh petugas kesehatan.

"Atas kesadaran mereka itulah ke-17 orang itu ditetapkan sebagai ODP dan saat ini mereka telah melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari. Selama dalam pemantauan, mereka diawasi petugas kesehatan, dan mereka ditekankan selama menjalani isolasi agar mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, protein tinggi, banyak makan sayur dan buah vitamin C," ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus corona ini, diminta kepada seluruh lapisan masyarakat terutama para orang tua untuk menjaga anak-anak di rumah. "Nggak usah dulu anak-anak dikasih keluyuran. Dan kita berharap masyarakat mau mematuhi anjuran pemerintah, seperti program social distance dan kurang aktivitas di luar rumah," pintanya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Madina Syarifuddin menambahkan, sebanyak 17 warga yang masuk kategori ODP virus corona itu tidak dirawat, mereka hanya berada di rumah masing-masing diisolasi selama 14 hari sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan dalam tanggap darurat.

"Alhamdulillah mereka sangat proaktif melaporkan diri kerena mereka datang dari daerah terpapar. Sampai saat ini kalau yang positif corona mudah-mudahan di Mandailing Natal belum ada. Mereka 17 masih ODP, belum Pasien Dalam Perawatan (PDP)," kata Syarifuddin.

Dia berharap kepada masyarakat Madina agar jangan was-was secara berlebihan, jangan membuat panik, jangan menyebarkan berita-berita yang tidak benar karena bisa mengganggu psikis yang tentu bisa juga menurunkan imunitas.

"Saran kita, pertama, jaga perilaku hidup bersih, sehat dan jaga kebersihan lingkungan jaga. Kedua, kita berharap masyarakat jangan panik jangan resah. Ketiga, laksanakan anjuran pemerintah, kalau bisa memang social distance," tandasnya. (JBL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px