Log in

13 Warga Dairi Positif HIV/AIDS


Sidikalang-andalas Terdata 13 orang warga Kabupaten Dairi positif mengidap penyakit Human immunodeficiency virus infection and acquired immune deficiency syndrome (HIV/AIDS). Dari 13 pernderita, satu diantaranya anak-anak, satu orang mahasiswa berjenis kelamin laki-laki, 1 orang ibu hamil, dan sisanya laki-laki dewasa.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi Santi Sitohang mengatakan, ke-13 penderita penyakit HIV/AIDS tersebut tersebar di lima kecamatan yakni Kecamatan Sidikalang, Sitinjo, Tigalingga, Tanah Pinem, dan Parbuluan.

"Pendataan dilakukan tahun 2018. Awalnya tercatat 14 orang tetapi 1 orang penderita telah meniggal dunia," kata Santi Sitohang kepada wartawan di kantornya, Kamis (14/3).

Saat ini, para penderita rutin berobat ke rumah sakit H Adam Malik Medan. Sebab, layanan untuk penderita penyakit HIV/AIDS tersedia di Rumah Sakit Adam Malik.

"Jika sesuai jadwal kunjungan (pasien) tidak datang, maka pihak rumah sakit akan konfirmasi ke Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi," terang Santi.

Ketika ditanya penyebaran virus sampai kepada anak-anak, menurutnya, hal itu kemungkinan bisa terjadi karena penularan dari orangtua. Terkait penanganan bagi ibu hamil yang positif terinveksi, disarankan untuk melakukan persalinan dengan cara operasi (caesar) guna meminimalkan potensi penularan kepada bayinya.

Santi Sitohang tidak menampik kemungkinan masih terdapat penderita HIV/AIDS yang tidak terdata di Kabupaten Dairi. "Angka 13 orang hanyalah yang terdata dan bisa saja penderita ada yang tidak terdata," sebutnya. (GOL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px