Log in

10 Desa Diterjang Banjir Bandang di Muara Batang Gadis

PORANDA - Permukiman Desa Tagilang, Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal, porak-poranda diterjang banjir bandang PORANDA - Permukiman Desa Tagilang, Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal, porak-poranda diterjang banjir bandang

Panyabungan,Sumatera Utara-andalas  Berdasarkan data sementara diperoleh andalas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mandailing Natal. Selain banjir bandang di Desa Muara Saladi, Kecamatan Ulupungkut, ternyata banjir bandang juga menerjang beberapa desa di Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Madina, Senin lalu.

Dari informasi tersebut, banjir bandang terparah yang menghantam beberapa desa di Muara Batang Gadis, terdapat di Desa Tagilang, yang menghanyutkan 5 unit rumah, 12 unit rumah rusak berat dan 11 rumah mengalami rusak ringan. Akibat akses komunikasi dan jalan buruk ke Desa Tagilang dan beberapa desa lainnya di Muara Batang Gadis, sulit terjangkau untuk memberikan bantuan.

Secara detail data sementara diperoleh dari BPBD Madina, Kamis (18/10), menyebutkan, dalam peristiwa banjir yang terjadi Senin itu, setidaknya terdapat 10 desa yang terkena dampak banjir di Kecamatan Muara Batang Gadis. Yakni, Desa Transmigrasi SP I dan SP II Singkuang, Desa Hutaimbaru, Desa Ranto Panjang Dusun Pagaran Joring, Desa Lubuk Kapundung, Desa Lubuk Kapundung II, Desa Manuncang, Desa Sale Baru Dusun Bronjong dan Desa Singkuang II.

Sedangkan, daerah yang paling parah terkena dampak banjir, yaitu Desa Desa Trans Migrasi SP I dan SP II Singkuang. Di desa ini satu unit rumah roboh, di Desa Lubuk Kapundung banjir merusak 50 hektar areal pertanian warga dan membuat sarana air bersih warga rusak.

Kemudian di Desa Hutaimbaru terdapat 5 rumah rusak ringan, 1 surau hanyut dan fasilitas sarana belajar seperti meja dan buku siswa hanyut terbawa air. Desa Tagilang Julu juga mengakibatkan 49 rumah penduduk terendam air, 5 rumah hanyut, 12 rumah rusak berat,11 rusak ringan dan 1 unit surau rusak berat.

Terjangan banjir bandang di Desa Manuncang mengakibatkan jembatan penghubung Manuncang-Tabuyung putus dan 1 surau hanyut. Di Desa Sale Baru Dusun Bronjong juga menyebabkan 1 unit rumah tertimbun longsor dan akses menuju desa itu pun tertutup. (JBL)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 19 Nov 2018 28°C 23°C
  • 20 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px