Log in

Wujudkan Pilkada Luber,Jurdil dan Kondusif


Pertemuan Kominfo Se-Sumut

Medan-andalas Sebagai sarana untuk mewujudkan transparansi anggaran, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut menggelar pertemuan Kominfo se-Sumatera Utara (Sumut). Pertemuan ini untuk menghasilkan Pilkada yang luber, jurdil, aman dan kondusif. Demikian dikatakan Kadis Kominfo, HM Fitriyus saat membuka kegiatan tersebut di Hotel Madani Medan, Rabu (11/10). "Kominfo punya fungsi sebagai sarana transparansi terhadap pilkada. Hal ini agar lahir pemimpin sesuai dengan harapan masyarakat yang bisa menyejahterakan daerah dan masyarakatnya lewat proses pilkada tersebut," ucapnya. Bukan hanya itu, tapi ikut bertanggung jawab untuk menghasilkan pilkada tertib lancar dan aman. Apalagi di Sumut sendiri, Pilkada akan dilaksanakan Juni 2018 mendatang. "Suksesnya pilkada itu juga terlihat dari sebelum penyelenggaraannya, saat penyelenggaraannya hingga setelah penyelenggaraannya. Dan kita punya peranan untuk mewujudkan hal itu semua secara baik," sebutnya.

Sebelum penyelenggaraan, Kominfo Sumut mempunyai tugas untuk memberikan dana hibah kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pelaksana pilkada. Dalam penyelenggaraan dari awal sampai selesai, konteks sukses juga bisa dilihat dari keterlibatan masyarakat. "Kita harus belajar dari Pilgubsu 2013 dan Pilkada Kota Medan tahun 2015. Partisipasi masyarakat untuk memilih masih rendah," sebutnya. Di Pilgubsu 2013, golput masih menjadi pemenang (tinggi). Begitu juga dengan Pilkada Kota Medan 2015, persentase pemilih hanya 27%. "Bayangkan saja jika penduduknya 1 juta, terus yang memilih 300 ribu, dan dari 300 ribu itu hanya 150 orang yang memilih pemimpinya. Bagaimana partisipasi masyarakatnya?," sebutnya.

Atas dasar itulah, Kominfo juga ikut bertanggung jawab untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih dalam Pilkada mendatang, terkhusus pemilih di kabupaten/kota. Selain Fitriyus, hadir juga sebagai narasumber praktisi media, Drs M Syahrir. Pihaknya mengatakan jika media memiliki peran tanggung jawab terhadap masyarakat untuk menghasilkan pilkada yang baik. "Hanya saja selama ini yang menjadi permasalahannya masih banyak pekerja media dalam hal ini jurnalis yang belum menjalankan tugasnya secara profesional," ucapnya. Untuk itu, mantan Ketua PWI Sumut itu mendorong agar Kominfo juga ikut berperan dalam mencerdaskan wartawan lewat sertifikasi wartawan yang dilaksanakan PWI Sumut dan Dewan Pers. (wan)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Partly Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 19 Oct 2017 31°C 23°C
  • 20 Oct 2017 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px