Log in
Pemkab-Aceh-Selatan-Sekda-Bupati.jpg

Wisuda 910 Lulusan, Rektor Unimed: Perkuat Skill Hadapi Industri 4.0

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes memberi penghargaan kepada salah satu wisudawan terbaik, di Gedung Serbaguna Unimed, Rabu (26/2). Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes memberi penghargaan kepada salah satu wisudawan terbaik, di Gedung Serbaguna Unimed, Rabu (26/2).

Medan-andalas Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr Syamsul Gultom SKM MKes berharap, lulusan Unimed dapat bersaing di era ini lewat pembelajaran berbasis digital dan teknologi informasi (TI). Dengan begitu dapat menjadi generasi masa depan, dapat memperkuat negara mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju.

“Setelah saudara diwisuda saya berharap saudara terus memperkuat skill dibutuhkan untuk menghadapi era industri 4.0,”ujar rektor dalam pidatonya pada wisuda 910 lulusan PTN, di Gedung Serbaguna Unimed, Rabu (26/2).

Ia mengatakan, di era Revolusi Industri 4.0 pemerintah telah menetapkan roadmap “Making Indonesia 4.0”, agar semuanya menggunakan digitalisasi.

Menurut Syamsul, ada tiga langkah dilakukan untuk bersaing di era 4.0. Pertama, meningkatkan ketrampilan diri pengguna Internet of Things (IoT). Kedua memanfaatkan teknologi digital memacu produktivitas dan daya saing sehingga mampu menembus pasar kerja internasional. Dan ketiga, melakukan inovasi teknologi dengan mengembangkan startup.

“Ambilah langkah dan jadilah pembuat solusi menutaskan persoalan bangsa,” ujar Syamsul.

Dia menjelaskan, Unimed akan menerapkan konsep “Merdeka Belajar” diusung oleh Kemendikbud.Untuk itu, mahasiswa baru Unimed tahun 2020 diberi pilihan 3 semester di luar prodi diambilnya. Yakni 1 semester di prodi lain pada PT sama, 1 semester pada prodi sama di PT lain dan 1 semester pada lembaga non perguruan tinggi, seperti BUMN, perusahaan, dunia industri dan dunia kerja lainnya.

“Hal ini dilakukan agar lulusan memiliki ilmu dan skill dibutuhkan dalam dunia kerja sehingga begitu tamat lulusan mudah mendapat pekerjaan terbaik bagi dirinya,” jelasnya.

Sebanyak 910 lulusan diwisuda terdiri lulusan FIP 38 wisudawan, FBS 245 wisudawan, FIS 62 wisudawan, FMIPA 157 wisudawan, FT 81 wisudawan, FIK 101 wisudawan, FIK 101 wisudawan dan Program Pascasarjana (PPs) sebanyak 122 wisudawan.

Adapun wisuda terbaik, Zulfikar Alamsyah dari Prodi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan IPK 3,96, Sartika Telaumbanua dari S1 Bimbingan Konseling dengan IPK 3,78, Indra Hamonangan Sitanggang dari S1 Pendidikan Bahasa Prancis dengan IPK 3,98, Ronal Muktar Simarmata dari S1 Pendidikan sejarah dengan IPK 3,88, Adelia Yesya Putri Hasibuan dari S1 Pendidikan Kimia dengan IPK 3,91, Wulan Trisnawati dari Pendidikan Tata Boga IPK 3,72, Vijai Pandapotan Purba dari D3 Teknik Sipik IPK 3,14, Lawrence Herigunawan Sirait dari Pendidikan Keolahragaan IPK 3,92, dan Yayang Kinanty dari S1 Pendidikan EKonomi IPK 3,93.(HAM)

 

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C