Log in

UMA Kirim Dua Mahasiswa ‘Permata’ ke Madiun

Dua mahasiswa UMA Program Permata, Nur Alfidah dan Nanda Fitriani diabadikan bersama Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MSc MEng (tengah), Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Muazzul SH MHum. Dua mahasiswa UMA Program Permata, Nur Alfidah dan Nanda Fitriani diabadikan bersama Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MSc MEng (tengah), Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Muazzul SH MHum.

Medan-andalas Universitas Medan Area (UMA) mengirim dua mahasiswanya mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (Permata) di Universitas PGRI Madiun (Unipma), Jawa Timur. Dan saat yang bersamaan, UMA juga menerima dua mahasiswa PGRI Madiun untuk mengikuti program yang sama selama satu semester. “Dua mahasiswa UMA yang mengikuti Program Permata ke Madiun sudah kami lepas pekan lalu. Begitu juga dua mahasiswa Unipma sudah kami terima dan mulai mengikuti kuliah di UMA,” kata Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MSc MEng kepada wartawan di ruang kerja rektor, Kampus I UMA Jalan Kolam Medan Estate, Rabu (10/10).

Adapun dua mahasiswa UMA yang mengikuti Program Permata di Madiun adalah Nur Alfidah dan Nanda Fitriani, keduanya mahasiswi Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Sedangkan mahasiswa Unipma yang mengikuti program serupa di UMA adalah Aditya Wibowo dan  Alina Tsani, keduanya juga mahasiswa Prodi Akuntansi. Didampingi Kabag Humas UMA Ir Asmah Indrawati MP, rektor menjelaskan, peserta Program Permata akan mengikuti kuliah satu semester. Selama perkuliahan, mereka akan dilayani tempat tinggal dan sarana pendukung lainnya.

“Peserta Program Permata akan mengikuti perkuliahan selama satu semester sampai hasil ujian keluar,” kata Dadan Ramdan.    Tujuan Program Permata, kata Dadan, di antaranya memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain melalui transfer kredit dan perolehan kredit. Selain itu meningkatkan mutu pendidikan tinggi melalui penguatan keunggulan komparatif masing-masing perguruan tinggi. “Peserta Program Permata akan mengetahui kondisi masing-masing perguruan tinggi dalam bidang akademik. Mereka juga akan melaporkan keunggulan dan kelemahan perguruan tinggi tempat mereka mengikuti Program Permata,” kata mantan Dekan Fakultas Teknik UMA ini. Selain itu, tambah Dadan, mahasiswa akan dilatih mandiri dan mampu beradaptasi di lingkungan yang baru. “Program Permata diharapkan dapat mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill mahasiswa yang memiliki karakter Pancasila, siap bergaul secara kooperatif dan kompetitif,” tutur rektor.  (HAM)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 98%

Wind: 8.05 km/h

  • 20 Oct 2018 30°C 21°C
  • 21 Oct 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px